FITNESS & HEALTH

Jangan Takut untuk Membangun Rasa Percaya Diri

Mia Vale
Senin 29 November 2021 / 14:00
Jakarta: Merasa tidak percaya diri merupakan hal wajar dan pernah dialami oleh hampir setiap orang. Entah itu orang dengan kepribadian introvert maulun ekstrovert.

Tapi sebaiknya jangan sampai terbawa arus perasaan ini. Jangan sampai rasa tidak percaya diri menghalangi kamu dari pengalaman hidup yang penting di mana bsia membawa kamu ke tahap baru dalam kehidupan.

Tidak semua orang dilahirkan dengan rasa percaya diri yang tertanam. Terkadang sulit untuk mengembangkan kepercayaan diri, baik karena pengalaman pribadi telah menyebabkan kehilangan kepercayaan diri atau karena menderita harga diri yang rendah. 

Seperti kutipan yang sudah dilansir dari ReachOut, orang yang percaya diri biasanya sudsh memiliki ciri yang terlihat dari luar, misalnya:

- Melakukan apa yang mereka yakini benar, meskipun itu tidak populer 
- Bersedia mengambil risiko 
- Mengakui kesalahan mereka dan belajar dari mereka 
- Mampu menerima pujian 
- Optimis
 

Tips membangun rasa percaya diri 


Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan diri. Beberapa di antaranya hanyalah perubahan kecil pada kerangka berpikir. Lainya, kamu harus bekerja sedikit lebih lama untuk menjadikannya kebiasaan yang akrab. 


cara agar pd
(Beberapa tips percaya diri yaitu bangun pola pikir positif, kenali kekurangan dan kelebihan kamu, dan fokus pada langkah atau perubahan kecil. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

1. Lihat apa yang telah kamu capai 


Sangat mudah untuk kehilangan kepercayaan diri jika kamu yakin belum mencapai apa pun. Buat daftar semua hal yang kamu banggakan dalam hidup, apakah itu mendapat nilai bagus dalam ujian atau belajar berselancar. 

Simpan daftar di dekat kamu dan tambahkan setiap kali melakukan sesuatu yang bisa dibanggakan. Saat  kurang percaya diri, tarik daftar itu dan gunakan untuk mengingatkan diri sendiri tentang semua hal luar biasa yang telah dilakukan. 
 

2. Pikirkan hal-hal yang kamu kuasai 


Setiap orang memiliki kekuatan dan bakat. Apa milikmu? Menyadari apa yang kamu kuasai, dan mencoba hal-hal itu, akan membantu membangun kepercayaan pada kemampuan diri sendiri. 
 

3. Tetapkan beberapa tujuan


Tetapkan beberapa tujuan dan tentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapainya. Mereka tidak harus menjadi tujuan besar. Pencapaian kecil pun tak masalah. Cukup tandai daftar untuk membantu mendapatkan kepercayaan diri pada kemampuan kamu untuk menyelesaikan sesuatu. 
 

4. Bicara sendiri 


Kamu tidak akan pernah merasa percaya diri jika memiliki komentar negatif terhadap diri sendiri. Pikirkan tentang self-talk dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi keeprcayaan diri kamu. Perlakukan diri sendiri seperti kamu memperlakukan sahabat kamu dan menghibur diri sendiri. 
 

5. Dapatkan hobi 


Cobalah untuk menemukan sesuatu yang benar-benar kamu sukai. Itu bisa berupa fotografi, olahraga, merajut, atau apa pun! Ketika telah menyelesaikan hasrat kamu, komitkan diri untuk mencobanya. 
Kemungkinannya adalah, jika tertarik atau bersemangat tentang aktivitas tertentu, kamu akan lebih termotivasi dan akan membangun keterampilan lebih cepat. Jika keadaan tampaknya tidak membaik, ada baiknya berbicara dengan seseorang yang tahu bagaimana membantu. 

Profesional seperti konselor dan psikolog dapat membantu mengembangkan strategi untuk membantu membangun kepercayaan diri. Mereka dapat membantu memahami masalah mendasar apa pun yang mungkin menyebabkan kamu merasa tidak enak tentang diri sendiri. 
(TIN)