FITNESS & HEALTH

5 Cara Atasi Kecemasan Saat Dapat Pekerjaan Baru

Kumara Anggita
Senin 14 Juni 2021 / 13:55
Jakarta: Mendapatkan pekerjaan baru bisa membuat berbagai emosi muncul. Mungkin kamu bersemangat, khawatir, atau bahkan bingung bercampur jadi satu. Namun, ini adalah perasaan yang wajar. 

Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai perasaan tersebut menghantui pikiran kamu tanpa henti, membuat kamu ragu dan kewalahan bahkan sebelum kamu mulai bekerja.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecemasan tersebut. Berikut hal yang bisa kamu coba saat kamu dapat pekerjaan baru yang dikutip dari Healthline.
 

1. Melacak sumber kecemasannya


Menggali ketakutan kamu sering kali dapat menghasilkan beberapa wawasan yang berguna. Setelah kamu mengidentifikasi pemicu spesifik, kamu dapat mulai menjelajahi solusi yang bermanfaat.

Tidak yakin apa yang harus dipakai untuk menyesuaikan diri? Ingat-ingat saat wawancara. Apa yang dikenakan karyawan lain? Khawatir saat bertemu rekan kerja baru di sana? Lakukan brainstorming pendahuluan sebelumnya. Lacak sumber kecemasan kamu sebelum mulai kerja ya!
 

2. Latih diri untuk mengikuti rutinitas baru


Ketidakpastian hanya mengobarkan api kecemasan, dan kecemasan pekerjaan baru sering kali berkaitan dengan perubahan yang akan datang seperti perjalanan ke tempat baru, mulai bekerja pada waktu yang berbeda dalam sehari, bekerja lebih banyak jam setiap minggu, menangani tanggung jawab baru dan masih banyak lagi. Latih dirimu untuk hal-hal baru ini. 


kerja
(Catat apa saja yang membuat kamu cemas dan kelola dan berikan diri kamu ketenangan. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

3. Temukan teknik koping pilihan kamu


Kecemasan yang buat kamu mikirin hal yang itu-itu saja dapat membuat kamu mudah tersinggung dan gelisah. Mungkin kamu kesulitan untuk fokus pada apa pun karena kegugupan terus bermunculan dan mengganggu konsentrasi kamu.

Memiliki strategi koping dapat membantu kamu mengelola gejala-gejala ini saat muncul. Kamu mungkin bisa mencoba beberapa latihan pernapasan atau membuat daftar musik untuk memulihkan ketenangan batin. Temukan hal yang membuatmu tenang.
 

4. Bicarakan kecemasanmu


Kecemasan pekerjaan baru adalah hal biasa. Jadi ada kemungkinan orang yang di sekitar kamu yang kamu percayai  juga mengalaminya. Bercerita tentang hal ini pada mereka dapat membantu dan membuat kamu jadi tidak merasa sendirian.

Menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih juga dapat menjadi pengalih perhatian positif yang membantu kamu mengesampingkan kecemasan.
 

5. Berteman dengan satu atau orang di tempat baru


Sangat normal untuk bertanya-tanya apa yang akan dipikirkan rekan tim baru kamu tentang kamu dan merasa sedikit gugup tentang penerimaan kamu, terutama jika kamu cenderung introvert. Dan teman adalah kuncinya.

Kamu tidak harus berteman baik dengan semua orang di kantor. Namun, memupuk persahabatan di tempat kerja dapat membantu mencegah kesepian di tempat kerja dimana kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu kamu. 

Memiliki orang yang bisa kamu percaya di sana dapat mencegah rasa takut dan mempermudah kamu untuk menjalani hari-hari.

(TIN)