FITNESS & HEALTH

5 Cara Obati Papiloma atau Kutil di Kulit Secara Alami

Raka Lestari
Selasa 21 September 2021 / 16:36
Jakarta: Infeksi Human Papillomavirus (HPV) pada kulit manusia bisa menyebabkan kutil. Dan perlu berhati-hati karena kutil akan menular. 

Meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena kutil bisa sembuh dengan sendirinya. Butuh waktu untuk kutil bisa menghilang. Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasinya.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah bahan-bahan alami di rumah yang bisa mengobati kutil:
 

1. Cuka apel


Cuka apel dianggap bekerja seperti asam salisilat. Asam salisilat adalah pengobatan kutil umum yang mengelupas kulit yang terinfeksi. Cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan HPV, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Untuk mencobanya, campurkan dua bagian cuka apel dan satu bagian air. Rendam bola kapas dalam campuran ini. Letakkan di atas kutil, dan tutupi dengan perban. Biarkan selama tiga sampai empat jam.
 

2. Bawang putih


Allicin yang merupakan komponen utama bawang putih, memiliki efek mikroba. Ia bekerja dengan menghancurkan enzim patogen berbahaya. Untuk mengobati kutil dengan bawang putih, haluskan satu siung dan campur dengan air. Oleskan ke kutil dan tutup dengan perban. Ulangi setiap hari selama tiga sampai empat minggu.


nanas
(Buah nanas mengandung asam dan enzim alami yang bisa membantu menghilangkan kutil. Kamu bisa menerapkan cara menghilangkan kutil ini tiap malam sebelum tidur. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

3. Nanas


Nanas memiliki bromelain, campuran enzim yang mencerna protein. Diyakini bahwa bromelain menghilangkan kutil dengan melarutkan protein dalam HPV. Salah satu caranya adalah dengan merendam kutil dalam jus nanas setiap hari. Teknik lainnya adalah mengoleskan nanas segar setiap hari.
 

4. Lidah buaya


Orang menggunakan gel lidah buaya untuk kondisi kulit seperti luka bakar dan psoriasis. Jika kutil terasa gatal atau nyeri, gel dapat meredakannya. Gel lidah buaya juga dapat melawan patogen, termasuk virus. Untuk menggunakan lidah buaya, ambil daun dari tanaman lidah buaya. Oleskan gel pada kutil. Ulangi setiap hari.
 

5. Aspirin


Aspirin juga dapat menghilangkan kutil. Bahan utamanya adalah asam salisilat, bahan umum dalam perawatan kutil yang dijual bebas. Asam salisilat bekerja dengan mengelupas kulit yang terinfeksi. Seiring waktu, ini menghilangkan kutil.

Aspirin dianggap memiliki efek yang sama. Metode yang disarankan adalah dengan menghancurkan tablet aspirin dan mencampurnya dengan air. Oleskan pasta pada kutil dan tutup dengan perban semalaman. Konsultasikan pada dokter spesialis kulit dan kelamin jika berbagai cara alami tak jua menemukan hasil.

(TIN)