FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Tumbuhan Kaya Nutrisi

Sri Yanti Nainggolan
Rabu 01 Desember 2021 / 16:40
Jakarta: Daun kelor sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan selama ratusan tahun. Tumbuhan dari suku Moringaceae, Filipina, ini sangat kaya akan antioksidan dan senyawa bioaktif pada tanaman. 

Para ahli saat ini sedang melakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Melansir dari Healthline, berikut ini adalah lima manfaat dari daun kelor:

1. Daun kelor kaya nutrisi 

Daun kelor merupakan tanaman yang cukup dikenal luas di India Utara. Hampir semua bagian dari tanaman kelor, atau yang dikenal juga dengan Moringa ini bisa digunakan sebagai bahan untuk obat herbal. 

Baca: 6 Perbedaan Semangka Merah dan Semangka Kuning, dari Tekstur Daging hingga Nutrisi

Daun kelor sendiri mengandung vitamin dan mineral seperti protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin A, dan magnesium.

2. Daun kelor melawan radikal bebas

Antioksidan dalam daun kelor berfungsi untuk melawan radikal bebas pada tubuh. Semakin tinggi radikal bebas dalam tubuh, dapat menyebabkan stres oksidatif yang dapat dikaitkan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Beragam manfaat daun kelor bagi kesehatan. Foto: Pexels
Beragam manfaat daun kelor bagi kesehatan. Foto: Pexels?

3. Daun kelor menurunkan level gula darah 

Level gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Dan faktanya, itu merupakan penyebab utama pada diabetes. 

Daun kelor memiliki kandungan yang dapat menurunkan level gula darah. Sehingga, turut mengurangi masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. 

4. Daun kelor mengurangi peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau luka. Inflamasi atau peradangan adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama. 

Sebagai makanan yang kaya nutrisi atau superfood, daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan. 

Beragam manfaat daun kelor bagi kesehatan. Foto: Agrifood
Beragam manfaat daun kelor bagi kesehatan. Foto: Agrifood?

5. Daun kelor menurunkan kolesterol 

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko dari penyakit jantung. Menurut studi yang dilakukan pada manusia dan hewan, daun kelor dapat memiliki efek untuk menurunkan kolesterol.

Selain daun kelor, beberapa tanaman yang efektif menurunkan kolesterol adalah flaxseed, oats, dan almond. 
(SYN)