FITNESS & HEALTH

Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Pengobatan Rumahan

Raka Lestari
Selasa 27 Juli 2021 / 15:21
Jakarta: Mengalami penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) tentu tidaklah menyenangkan. Semua aktivitas dan selera makan akan terganggu mengingat rasa mual atau perasaan tidak enak pada ulu hati yang disebabkan oleh asam lambung yang naik tersebut.

Ada banyak faktor yang bisa memicu terjadinya kenaikan asam lambung. Untuk mengobatinya, obat khusus asam lambung biasanya dijadkan pilihan utama untuk mengatasinya.

Kamu sebenarnya bisa mengobat asam lambung dengan pengobatan ala rumahan. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengobati asam lambung ala rumahan:
 

1. Mengonsumsi tumbuhan obat herbal


Teh Chamomile dan jahe keduanya telah terbukti dapat membantu pencernaan dan dapat memberikan bantuan ketika sakit mag jika dikonsumsi setelah makan. Kamu juga bisa mengunyah adas atau biji jintan, atau menghancurkannya dan dijadikan teh sebagai obat untuk mengatasi sakit mag.
 

2. Menggunakan baking soda


Baking soda dapat membantu meredakan gejala asam lambung karena mengandung karbonat (CO3) yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan asam/basa dalam saluran pencernaan. Untuk pertolongan pertama dalam mengatasi asam lambung yang naik, masukkan satu sendok teh baking soda dan campurkan ke dalam segelas air kemudian minum, tetapi jangan meminumnya ketika perut sedang dalam keadaan kenyang.
 

3. Mengunyah permen karet


Mengunyah permen karet meningkatkan produksi air liur, yang merupakan obat yang baik untuk sakit mag atau asam lambung. Air liur mengandung bikarbonat, yang menetralkan asam.

Satu studi yang dilakukan oleh Oklahoma Foundation for Digestive Research menemukan bahwa, kalsium karbonat dalam permen karet lebih efektif dalam menetralkan asam di esofagus daripada obat antasid kunyah.
 

4. Menaikkan kepala ketika sedang tidur


Paling baik adalah makan setidaknya tiga jam sebelum tidur. Dan ketika sedang tidur, dianjurkan bagi para penderita asam lambung menyusun bantal setinggi tiga sampai enam inci untuk membantu mengurangi rasa sakit atau rasa terbakar di ulu hati ketika asam lambung naik.
(FIR)