FITNESS & HEALTH

Begini Pola Makan yang Benar untuk Pasien Diabetes

Raka Lestari
Rabu 03 Maret 2021 / 15:26
Jakarta: Seseorang yang memiliki diabetes perlu sekali untuk menjaga pola makannya sehari-hari. Hal ini dilakukan agar setelah mengonsumsi makanan, gula darah yang ada dalam tubuhnya tidak melonjak secara tidak terkontrol.

“Pengaturan makan untuk diabetes adalah sarapan lebih banyak dari makan siang, makan siang lebih banyak dari makan malam, dan makan malam lebih sedikit dari makan siang,” ujar dr. Dante S. Harbuwono, Sp.PD, Ph.D, KEMD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM.

Menurut dr. Dante, hal ini karena sarapan adalah asupan yang akan digunakan oleh tubuh untuk melakukan kegiatan selama satu hari. Sarapan akan digunakan kalorinya sebesar 60 – 70 persen untuk satu hari.

"Makan siang hanya sekitar 30 persen, sedangkan makan malam karena tidak terlalu banyak aktivitas maka hanya digunakan 10 persen untuk aktivitas,” jelas dr. Dante.

“Untuk itu, kalau tidak mau menumpuk gula dalam tubuh sebaiknya makan malam dalam jumlah yang sedikit saja. Seberapa sedikit makan malam, tergantung dari berat badan, tergantung dari aktivitas, dan tergantung dari apakah ingin turun berat badan atau tidak,” saran dr. Dante.

Pada saat makan malam, kata dr. Dante, usahakan makan dalam jumlah sedikit mungkin. Tetapi jangan sampai badan tersiksa karena lapar.

“Kalau biasanya makan satu porsi besar, coba kurang setengahnya. Kalau setengahnya cukup, berarti itu porsi yang tepat,” ujar dr. Dante.

Rasa lapar itu ada dua. Pertama adalah lapar karena memang perut harus diisi dan yang kedua adalah lapar mata. Bedanya kalau lapar karena memang perut harus diisi, biasanya interval 4 jam dari waktu makan sebelumnya.

"Nah kalau sebelum 4 jam sudah lapar lagi, kemungkinan itu karena lapar mata. Lapar mata itulah yang harus disiasati karena setiap orang tentunya memiliki selera yang berbeda-beda. Ada yang senang makan camilan, itu boleh yang penting kaidah-kaidah tadi tetap dilakukan,” tutup dr. Dante.
(FIR)