FITNESS & HEALTH

5 Kebiasaan Umum yang Berbahaya untuk Kesehatan Jantung

Raka Lestari
Rabu 15 Desember 2021 / 16:31
Jakarta: Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur adalah kebiasaan penting untuk kesehatan jantung. Tetapi tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang justru bisa merusak kesehatan jantung?

“Sejumlah aktivitas yang mungkin aman, justru dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung,” kata Kevin R. Campbell, MD, ahli elektrofisiologi jantung di North Carolina Heart and Vascular, UNC Health Care.

Dan berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang merusak kesehatan jantung:
 

1. Duduk seharian penuh


Dibandingkan dengan orang dengan gaya hidup aktif, mereka yang tidak cukup bergerak dan cenderung duduk selama 5 jam atau lebih, setiap hari memiliki risiko 2 kali lipat untuk mengalami gagal jantung.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Heart Association (AHA), jika pekerjaanmu mengharuskan duduk di meja sepanjang hari, bangun dan berjalanlah selama 5 menit setiap 1 jam sekali. Perubahan kecil ini dapat menjaga arteri fleksibel dan darah mengalir dengan baik, melindungi terhadap efek negatif dari tidak banyak bergerak.
 

2. Konsumsi alkohol berlebihan


Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan obesitas, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung. AHA melaporkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan dapat mengganggu ritme jantung normal dan bisa menyebabkan gagal jantung.
 

3. Stres berlebihan


Stres memacu tubuh untuk melepaskan adrenalin, yang untuk sementara memengaruhi fungsi tubuh, detak jantung meningkat, dan tekanan darah juga mungkin meningkat. Seiring waktu, stres berlebihan juga dapat merusak pembuluh darah di jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
 

4. Konsumsi garam berlebihan


“Garam yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung,” kata Dr Campbell.

Jadi, pastikan untuk membaca label nutrisi dan memilih produk yang memiliki kandungan garam terendah. AHA merekomendasikan agar mengonsumsi kurang dari 1.500 mg sodium per hari.
 

5. Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup


Jantung bekerja keras sepanjang hari. Jika tidak cukup tidur, maka sistem kardiovaskular tidak mendapatkan istirahat yang dibutuhkan.

“Kurang tidur kronis juga dapat menyebabkan tingkat kortisol yang tinggi, mirip dengan tingkat yang kamu alami dalam situasi stres,” jelas Dr Campbell.
(FIR)