FITNESS & HEALTH

Cegah Varian Omicron, Ahli Sarankan Masker Tipe Ini

Sri Yanti Nainggolan
Selasa 21 Desember 2021 / 13:55
Jakarta: Penggunaan masker adalah wajib di masa pandemi covid-19. Apalagi, saat ini muncul varian yang lebih cepat menular, yakni Omicron

Kepala Science Advisory Table dari Ontario, Kanada, Dr. Peter Juni, mengatakan bahwa masker kain satu lapis tidak cukup untuk melindungi dari Omicron. Menurutnya, penggunaan masker respirator N95 lebih efektif. 

"Masalahnya di sini adalah jika Anda memiliki satu lapisan, kemampuan untuk menyaring sangat minim dan tidak membuat perbedaan apa pun," kata Juni, dilansir dari Global News, Selasa, 21 Desember 2021. 

Masker non-medis efektif cegah Omicron? 

Pada November 2021, Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) memperbarui pedomannya tentang penggunaan masker, menyarankan respirator seperti N95 lebih efektif daripada masker non-medis.

"Secara umum, meski masker non-medis dapat membantu mencegah penyebaran covid-19, masker medis dan respirator memberikan perlindungan yang lebih baik," kata PHAC di laman web. 

Masker N95 dinilai paling efektif cegah varian Omicron. Foto: Unsplash
Masker N95 dinilai paling efektif cegah varian Omicron. Foto: Unsplash

Badan tersebut juga merekomendasikan penggunaan masker medis atau respirator bagi mereka yang berada dalam kelompok berisiko yang rentan, atau yang berisiko lebih tinggi tertular covid-19 karena aktivitas keseharian.

Masker medis wajib digunakan untuk cegah penularan covid-19

Meskipun respirator KN95 dijadikan standar emas dalam mencegah varian Omicron, pada dasarnya penggunaan masker yang benar adalah yang terpenting. 

"Jumlah perlindungan ekstra yang Anda dapatkan dari respirator N95, jika tidak diuji, hanya sedikit lebih baik daripada masker medis," kata Kepala Penyakit Menular di Queen's University, Dr. Gerald Evans. 

Baca: Jadi Kebutuhan Pokok, Pilih Masker yang Lulus Uji Kemenkes

Selain itu, biaya respirator N95 yang mahal dan kurangnya bukti definitif bahwa N95 mencegah penularan di lingkungan masyarakat membuat masker medis adalah opsi yang cukup baik dalam pencegahan covid-19. 

"Jadi tidak ada penelitian yang menunjukkan memakai N95 secara statistik atau klinis mengurangi penularan covid-19 lebih dari masker medis," simpul Evans. 

"Faktanya, kami memiliki bukti yang cukup bagus, masker medis jelas bekerja dengan mengurangi dosis infeksi secara keseluruhan," tambah dia. 
(SYN)