FITNESS & HEALTH

Dari Mengobati Jerawat hingga Menjadi Sampo, Ini 7 Manfaat Madu

Raka Lestari
Kamis 12 November 2020 / 17:10
Jakarta: Madu terkenal dengan rasa manis alami. Madu bisa menggantikan rasa manis pada gula untuk makanan atau minuman yang kamu konsumsi.

Selain itu madu juga bermanfaat untuk bisa membuat tubuh tetap sehat dan kulit menjadi bersinar. Berikut ini adalah manfaat madu bagi kesehatan dikutip dari Reader's Digest:
 

1. Mengurangi batuk


Pemanis alami yang terdapat pada madu ternyata dapat bermanfaat juga untuk mengurangi batuk-batuk yang kamu alami. Kemungkinan karena madu bertindak sebagai penawar rasa sakit yang membentuk lapisan di tenggorokan untuk meringankan iritasi yang dapat menyebabkan batuk.
 

2. Melembapkan kulit


Menurut ahli dermatologi Patricia Farris, MD, madu berfungsi sebagai pelembap alami karena molekul gula menahan air di kulit. Sementara itu, ahli dermatologi Zoe Diana Draelos, MD, madu akan membentuk lapisan di kulit untuk menyegel air dan meningkatkan kelembaban.
 

3. Mengobati jerawat


Joey Green, penulis Joey Green's Magic Health Remedies, mengatakan sifat antimikroba madu dapat mengurangi peradangan dari jerawat. Campurkan madu dengan biji pala, lalu oleskan pada jerawat dan biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.
 

4. Menyembuhkan luka bakar


Sebuah studi menemukan bahwa luka bakar yang diobati dengan madu lebih cepat sembuh, dibandingkan dengan luka bakar yang diobati dengan obat luka bakar biasa.
 

5. Meningkatkan gula darah


Sebuah studi dari Journal of the International Society of Sports Nutrition, mendapatkan hasil penilitian dengan kesimpulan, bagi mereka yang memilki gula darah rendah, mengonsumsi madu dapat meningkatkan dan mempertahankan kadar glukosa lebih efektif daripada sukrosa atau maltodekstrin.
 

6. Menghilangkan ketombe


Menggunakan madu sebagai sampo dapat menyehatkan kulit kepala dan membantu melawan ketombe. Madu memiliki khasiat anti jamur dan melembapkan kulit kepala. Encerkan madu dengan sedikit air hangat dan pijat ke kulit kepala selama 2-3 menit.
 

7. Sebagai sabun mandi


Menggunakannya sebagai sabun, madu akan melembapkan kulit kering dan membunuh bakteri yang bisa menyebabkan jerawat atau bau badan. Campurkan dua sendok teh madu dengan satu sendok makan minyak zaitun, lalu jadikan campuran tersebut sebagai sabun mandimu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
(FIR)