FITNESS & HEALTH

4 Cara Rumahan untuk Kurangi Tampilan Stretch Marks

Raka Lestari
Selasa 06 April 2021 / 20:28
Jakarta: Pada dasarnya, tidak ada yang salah dengan memiliki stretch marks pada tubuh. itu menandakan bahwa tubuhmu telah mengakomodasi berbagai perubahan yang terjadi dalam hidup. 

Misalnya saja, setelah melahirkan yang biasanya akan menimbulkan stretch marks. Meskipun begitu, beberapa orang sebisa mungkin melakukan berbagai cara untuk mengurangi stretch marks.

Dan dalam kasus tersebut, ada beberapa cara yang bahan di rumah yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi tampilan stretch marks dilansir dari The List: 
 

1. Scrub gula 


Menurut The Healthy, salah satu cara untuk membantu mengurangi munculnya stretch mark adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit dengan bahan sederhana, yaitu gula. 

Gula bukan hanya eksfoliator lembut yang dapat berfungsi sebagai versi mikrodermabrasi di rumah, tetapi juga membantu kulit mempertahankan kelembapan.

Cobalah mencampurkan gula dengan beberapa tetes minyak vitamin E, minyak kelapa, atau minyak almond sampai menjadi pasta, dan gosok campuran itu dengan lembut dalam gerakan melingkar di area yang terdapat stretch marks. Lakukan ini selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan lembut.
 

2. Minyak kelapa


Menurut Be Beautiful, kamu bisa mencampurkan dua sendok makan minyak kelapa dengan getah lidah buaya yang baru diekstraksi (dari tanaman lidah buaya) dan oleskan ke kulit setiap hari. Campuran ini tidak hanya membantu menyembuhkan bekas luka dan stretch marks, tetapi minyak kelapa juga terbukti membantu mencegah stretch marks.
 

3. Soda kue dan air lemon 


Jika stretch marks lebih gelap daripada kulit, bahan lain yang dapat membantu meringankan adalah campuran soda kue dan air lemon. Soda kue adalah eksfoliator lembut, sedangkan jus lemon memiliki sifat mencerahkan dan juga tinggi antioksidan.

Campurkan satu sendok makan soda kue dan jus segar dari setengah buah lemon. Oleskan ke area yang terdapat stretch marks dan bungkus dengan plastic wrap. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan lembut. Ini akan membantu mengurangi munculnya tanda dari waktu ke waktu.
 

4. Minyak almond


Minyak almond apa adanya dan tanpa bahan tambahan apa pun, juga bisa menjadi salah satu bahan ajaib untuk mengatasi stretch marks. Tinggi vitamin E dan nutrisi lainnya, minyak almond membantu mengurangi bekas luka dan mendukung pergantian sel yang sehat. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan langsung minyak almond ke kulit setiap hari.

(TIN)