FITNESS & HEALTH

Manfaat Minum Air Klorofil untuk Kesehatan Tubuh

Raka Lestari
Sabtu 17 April 2021 / 10:06
Jakarta: Klorofil adalah pigmen pada tumbuhan yang membuat tumbuhan menjadi hijau dan membantu mereka mengubah sinar matahari menjadi energi melalui fotosintesis. Selain bermanfaat untuk tumbuhan, ternyata klorofil juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia.

Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, berikut adalah daftar manfaat klorofil untuk kesehatan:
 

1. Dapat membantu melawan penyakit


Klorofil merupakan zat yang sangat kuat, salah satunya memiliki efek antikanker. Klorofil terkenal karena kemampuannya untuk memblokir karsinogen di dalam tubuh dengan mengikatnya di saluran pencernaan.

"Klorofil menghentikan karsinogen beredar ke seluruh tubuh dan mencapai jaringan yang rentan terkena,” ujar Dr Josh Axe, D.N.M., C.N.S, D.C.

Klorofil juga mengandung antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan kondisi seperti Alzheimer, sirosis, hipertensi, dan kanker tertentu.
 

2. Membuang racun pada liver


Menurut Axe, salah satu manfaat dari klorofil lainnya adalah terkenal dapat membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi pada liver dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat. Penelitian juga menunjukkan bahwa klorofil dapat membantu melawan kerusakan liver dengan mendukung proses detoksifikasi alami pada liver.
 

3. Meningkatkan jumlah sel darah merah


Klorofil cair juga dapat meningkatkan kualitas darah dengan meningkatkan jumlah dan kesehatan sel darah merah. Mengapa? Klorofil dan hemoglobin (molekul dalam sel darah merah) memiliki struktur molekul yang serupa. Untuk alasan ini, penelitian menunjukkan bahwa klorofil dapat membantu memperbaiki gejala anemia.
 

Cara penggunaan klorofil


“Klorofil cair adalah campuran semi-sintetik yang dibuat di laboratorium dan digunakan untuk membuat suplemen yang meningkatkan energi, mendorong detoksifikasi, dan membantu pencernaan," kata Axe.

"Beberapa tetes klorofil dapat ditambahkan ke segelas air atau cairan apa pun untuk melawan stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan," sambungnya.

Karena klorofil cair larut dalam air, maka klorofil lebih mudah diserap oleh tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa klorofil cair memiliki ketersediaan hayati yang tinggi, yang mendukung potensi.dampaknya pada pengurangan stres oksidatif. Bahkan berfungsi sebagai tindakan pencegahan untuk penyakit seperti kanker.
(FIR)