FITNESS & HEALTH

Kegunaan Lain Hand Sanitizer selain Membersihkan Tangan

Raka Lestari
Sabtu 16 Januari 2021 / 08:27
Jakarta: Pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, penggunaan hand sanitizer sangatlah penting untuk menjaga kebersihan. Terutama ketika kamu tidak mendapatkan akses mencuci tangan dengan air dan sabun.

Nyatanya selain sebagai alternatif mencuci tangan, hand sanitizer juga bisa digunakan untuk keperluan lain. Berikut beberapa kegunaan lain dari hand sanitizer yang mungkin belum kamu ketahui seperti dilansir Time:
 

1. Membersihkan ponsel


Tidak hanya berpotensi untuk membersihkan dan mendisinfektan objek tertentu, hand sanitizer bisa juga digunakan untuk membersihkan layar ponsel. Hal ini sangat penting, mengingat layar ponsel bisa lebih kotor dari toilet.

Untuk membersihkannya, teteskan hand sanitizer pada kain. Setelah itu, kamu bisa menggosoknya secara perlahan menggunakan kain lembut pada layar ponsel. Selain itu, hand sanitizer juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada layar ponsel.
 

2. Menghilangkan noda pada pakaian


Hand sanitizer juga bisa digunakan untuk membersihkan noda, meskipun memang orang jarang menggunakannya. Pure Wow melakukan penelitian dan menemukan bahwa alkohol yang merupakan kandungan utama hand sanitizer, bisa menghilangkan berbagai macam noda.

Hand sanitizer bisa menghilangkan noda minyak, tanah, bahkan lipstik. Namun, seperti kebanyakan produk lainnya akan efektif jika kamu langsung mangaplikasikannya sesaat setelah noda terbentuk. Penting untuk diperhatikan bahwa kamu tidak boleh menggunakannya pada bahan sutra atau wol, terutama jika kamu memnyukai pakaian tersebut.
 

3. Untuk produk kecantikan


Banyak orang yang belum mengetahui bahwa hand sanitizer bisa juga digunakan untuk perawatan kecantikan. Dikutip dari Reader’s Digest, kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk pembersih wajah karena kandungan alkoholnya. Dan, ini bisa sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit berjerawat, kamu bisa mengoleskannya pada jerawat dan alkohol bisa membuat jerawat lebih cepat kering.

Hand sanitizer juga bisa digunakan sebagai dry shampoo atau jel untuk rambut yang sering melayang. Untuk menjaga agar rambut tetap rapi, kamu bisa menggosokkan sedikit hand sanitizer pada tangan, kemudian mengoleskannya pada rambut secara perlahan.
(FIR)