FITNESS & HEALTH

Manfaat Tidur yang Cukup bagi Tubuh Anda

Raka Lestari
Sabtu 03 Oktober 2020 / 09:05
Jakarta: Banyak orang yang menyebutkan bahwa tidur merupakan salah satu obat yang terbaik. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa tidur atau beristirahat merupakan obat yang paling baik ketika Anda merasa tidak enak badan.

Tidur juga mengingatkan kita bahwa salah satu cara sederhana seperti tidur bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan. 

Menurut Carolyn Dean, M.D., N.D., ahli tidur, nutrisi, dan diet serta penulis buku The Magnesium Miracle, istirahat malam yang baik memungkinkan tubuh Anda membersihkan semua hal-hal buruk.  "Selama tidur yang berkualitas, tubuh membersihkan sampah dari otak," katanya kepada Elite Daily.

"Hubungannya dengan dukungan sistem kekebalan tubuh, selama tidur tubuh Anda membuat lebih banyak sel darah putih yang dapat menyerang virus dan bakteri yang dapat menghambat proses penyembuhan."

Selain itu, Dr Chirag Shah, seorang dokter pengobatan darurat dan salah satu pendiri klinik medis Accesa Health, mengatakan bahwa tidur bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dengan "meningkatkan pengembangan molekul pelindung."

Dia juga menunjukkan bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan hal ini dengan sangat jelas. Sebagai contoh, satu studi, yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA Internal Medicine, menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam per malam, rata-rata, lebih mungkin mengalami masuk angin atau pilek dibandingkan dengan mereka yang tidur setidaknya delapan jam  per malam.

Selain manfaat kesehatan fisik, tidur juga dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. "Tidur memungkinkan untuk proses sesuatu yang disebut 'autophagy' di otak, atau, pada dasarnya, membentuk sel-sel pembersihan yang melindungi otak dari gangguan kejiwaan dan neurodegeneratif," kata Dr. Dora Wolfe, Psy.D., HSPP, CEO dan direktur klinis Wolfe Behavioral Health. 
 


Intinya adalah, setiap orang membutuhkan setidaknya tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam, kata pelatih ilmu tidur dan pendiri Tuck.com, Bill Fish.

"Jika kita tidak cukup tidur, tubuh kita memberontak sampai batas tertentu. Kita merasa pusing, lamban, pemarah, dan kadang-kadang bahkan lebih buruk." Untuk itu jadikan tidur sebagai prioritas. Bagaimanapun, kesejahteraan Anda jelas tergantung pada waktu tidur Anda.
(YDH)