FITNESS & HEALTH

4 Cara Mengatasi Gangguan Tidur pada Masa Pandemi

Raka Lestari
Senin 16 November 2020 / 14:05
Jakarta: Pandemi covid-19 ini tentunya memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk juga pola tidur karena adanya kekhawatiran terhadap covid-19. Perasaan cemas terhadap pandemi covid-19 yang belum berakhir ini, juga membuat banyak orang menjadi kesulitan untuk tidur nyenyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, dilansir dari Well+Good, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:
 

1. Menaruh ponsel sebelum tidur


Salah satu hal terpenting sebelum tidur yang harus dilakukan adalah dengan menaruh ponsel dan tidak memainkannya sebelum tidur. Dengan membaca artikel-artikel atau informasi yang belum tentu benar, dapat membuat kita merasa cemas sebelum tidur. Selain itu, paparan cahaya dari ponsel juga dapat membuat kesulitan tertidur.
 

2. Mengakui perasaan yang sedang dialami


Akuilah perasaan yang sedang dialami seperti ketakutan, depresi, cemas, dan lain sebagainya. Menurut psikolog klinis Helene Brenner, PhD, dengan mengakui perasaan yang dialami secara verbal, dapat membuat kita menjadi lebih sadar.

“Cobalah bayangkan perasaan apa yang sedang dirasakan saat ini, dengan begitu kamu tidak akan terburu-buru dan lebih rileks karena kamu memberikan kesempatan pada perasaan tersebut untuk disentuh dan didengarkan," ujar Brenner.
 

3. Mendapatkan cahaya matahari lebih banyak di pagi hari


Mendapatkan paparan sinar marahari alami di pagi hari dapat membantu mengurangi jumlah melatonin yang diproduksi oleh otak, yang dapat membuatmu tidak mengantuk.

“Kita harus mendapatkan cahaya lebih banyak di siang hari dan gelap pada malam hari,” ujar Shelby Harris, PsyD, seorang sleep expert.

“Ini merupakan cara yang sangat mudah dan terkadang kita terlalu memikirkannya berlebihan. Buka tirai di rumah, sarapanlah dengan sinar matahari pagi," saran Harris.
 

4. Tuliskan keresahan pada catatan


Jika kamu mengalami mimpi buruk, inilah waktunya untuk menuliskan pengalaman tersebut. Mulailah menuliskan catatan-catatan ketakutan kamu dan apa yang membuat kamu merasa cemas pada malam hari sebelum tidur. 

“Ketika kamu sudah selesai, tutup diary kamu dan ceritakan pada diri sendiri bahwa waktu untuk merasa khawatir sudah selesai dan sekarang saatnya untuk tidur. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan memfasilitasi tidur yang lebih berkualitas,” ujar spesialis gangguan tidur Nathaniel Watson, MD.
(FIR)