FITNESS & HEALTH

Berbagai Faktor Risiko Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya

Raka Lestari
Kamis 01 April 2021 / 13:34
Jakarta: Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), di Amerika Serikat saja sekitar 1 dari 4 kematian terjadi karena penyakit jantung.

Meskipun penyakit jantung bisa mematikan, penyakit ini dapat dicegah pada kebanyakan orang. Untuk itu, penting mengetahui berbagai faktor risiko dari penyakit jantung.

Ada banyak faktor risiko penyakit jantung. Beberapa dapat dikontrol, dan yang lainnya tidak. Beberapa faktor risiko ini meliputi:

- Tekanan darah tinggi.
- Kolesterol tinggi dan tingkat rendah dari high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol 'baik'.
- Merokok.
- Kegemukan
- Kurang bergerak

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) Amerika Serikat, kebiasaan merokok misalnya, merupakan faktor risiko yang dapat dikendalikan. Orang yang merokok berisiko dua kali lipat terkena penyakit jantung.

Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, dikutip dari WebMD, berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan:
 

1. Berhenti merokok


Perokok memiliki risiko lebih dari dua kali lipat terkena serangan jantung dibandingkan bukan perokok. Bahkan perokok lebih mungkin meninggal jika mereka menderita serangan jantung.

Merokok juga merupakan faktor risiko yang paling dapat dicegah. Jika kamu merokok, berhentilah. Lebih baik lagi, jangan pernah mulai merokok sama sekali. Selain itu, perokok pasif yang terus-menerus terpapar asap rokok juga memiliki peningkatan risiko.
 

2. Mengontrol tekanan darah tinggi


Menderita hipertensi, atau tekanan darah tinggi, menjadikannya faktor risiko penyakit jantung yang paling umum. Kontrol tekanan darah melalui diet, olahraga, manajemen berat badan, perhatikan garam yang dikonsumsi dan jika perlu, konsumsi obat-obatan.
 

3. Kontrol diabetes


Jika tidak dikontrol dengan benar, diabetes dapat menyebabkan kerusakan jantung yang signifikan, termasuk serangan jantung dan kematian. Kontrol diabetes melalui pola makan yang sehat, olahraga, menjaga berat badan yang sehat, dan minum obat sesuai resep dokter.
 

4. Menjaga pola makan sehat


Konsumsi makanan yang sehat untuk jantung yaitu makanan yang rendah natrium, lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, dan gula rafinasi. Coba tingkatkan asupan makanan yang kaya vitamin dan nutrisi lain, terutama antioksidan, yang terbukti menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi juga makanan nabati seperti buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
(FIR)