FITNESS & HEALTH

Baju Bersih dan Bebas Bakteri di Tengah Pandemi

Yatin Suleha
Kamis 01 April 2021 / 20:45
Jakarta: Perilaku dalam pandemi kini harus diadaptasi, sebut saja misalnya memakai masker ketika sakit atau keluar rumah, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Kebersihan menjadi upaya setiap orang yang mesti selalu harus dilakukan. Hal ini termasuk juga dalam menjaga kebersihan baju. 

Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS selaku Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Dewan Pakar IAKMI DKI Jakarta memaparkan bahwa  penyebab penyakit bukan hanya virus, tetapi termasuk juga cacing, bakteri, jamur, dan protozoa.

Dalam acara peluncuran virtual "Vanish Oxi Action Multipower" lebih jauh ia mengatakan bahwa, "Tidak ada yang bisa pastikan sampai kapan pandemi covid-19 akan berlangsung, (sehingga) diperlukan upaya lebih besar untuk pencegahan dan antisipasi."

Beberapa hal juga ia sebutkan bahwa termasuk kebersihan diri yaitu pakaian. "Pakaian sebagai yang digunakan berjam-jam keluar rumah menjadi sarang virus. (Perlu) kebiasaan setelah pulang dari aktivitas di luar rumah yang baik. Dan penting menjaga kebersihan pakaian dari kuman dan bakteri," paparnya dalam slide pemaparannya.

Dalam kesempatan yang sama hadir juga presenter dan model sekaligus Brand Ambassador Vanish Indonesia Donna Agnesia yang mengatakan bahwa pakaian yang bersih sangat penting agar kesehatan keluarga terjaga.

"Suami sama anakku biasa main di luar, main bola. Nah kalau pulang ke rumah, baju mereka itu pasti kotor," tutur Donna. 


cuci
(Donna Agnesia mendemokan cuci baju sekaligus menjaga kebersihan dengan antinoda yang tak merusak serat dan warna pakaian. Foto: Dok. Vanish Indonesia)


"Baju mereka yang aku cuci pasti penuh noda, dan pakai detergen aja enggak bisa hilang nodanya. Makanya aku butuh sesuatu agar baju mereka bersih kembali, tidak pudar, dan membunuh kuman dan bakteri," katanya.

Annisa Rachmawati Brand Manager Vanish mengatakan bahwa, “Vanish hadir sebagai produk penghilang noda yang efektif menghilangkan noda tanpa merusak warna dan serat pakaian. Sebagai pelengkap atau komplemen detergen, kandungan natrium perkarbonat pada Vanish Oxi Action Multi Power menghasilkan jutaan gelembung oksigen yang menembus hingga ke serat pakaian menghasilkan hasil cucian yang bersih dari noda sejak pertama kali cuci.”

Dengan jutaan gelembung Oxi yang dapat menghilangkan noda sekaligus menjaga serat pakaian sejak pertama kali cuci. Formulanya bisa menghilangkan noda enzimatik dan berminyak, serta meningkatkan kecerahan warna pakaian dan menghilangkan sumber bau pada pakaian.

“Memang dengan adanya pandemi covid-19 di Indonesia sejak tahun lalu, masyarakat diimbau untuk lebih memerhatikan kebersihan diri sendiri, termasuk tidak sembarangan mencuci pakaian yang dikenakan ke luar rumah karena adanya potensi menjadi sarana penyebaran penyakit," kata Dr. Hermawan.

"Selain merendam pakaian dengan air panas terlebih dahulu, penggunaan detergen yang dapat membunuh biang penyakit juga menjadi penting,” pesannya lagi.

Dengan didukung oleh Dettol kepada Vanish, menjadikan bentuk justifikasi performa Vanish dalam membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit yang tetap menempel pada pakaian hingga 72 jam. Selain pakaian bersih dari kuman tak perlu khawatir warna dan serat pakaian rusak. 
(TIN)