FITNESS & HEALTH

4 Penyebab Kamu Mengalami Burnout

Kumara Anggita
Selasa 30 Maret 2021 / 17:55
Jakarta: Burnout atau kelelahan karena bekerja bisa terjadi pada siapa saja. Keadaan ini bisa membuatmu merasa frustrasi, seakan tak sanggup lagi untuk melanjutkan.

Mengutip dari Mayo Clinic, burnout adalah jenis khusus dari stres yang berhubungan dengan pekerjaan. Dikarenakan kelelahan fisik atau emosional yang juga melibatkan rasa pencapaian yang berkurang dan hilangnya identitas pribadi.

Burnout bukanlah diagnosis medis. Beberapa ahli berpendapat bahwa kondisi lain, seperti depresi, berada di balik munculnya kelelahan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa, banyak orang yang mengalami gejala kelelahan kerja tidak percaya bahwa pekerjaan mereka adalah penyebab utamanya. Apa pun penyebabnya, kelelahan kerja dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu.

Pertimbangkan bagaimana mengetahui apakah kamu mengalami burnout dan apa yang dapat kamu lakukan. Kemungkinan penyebab burnout dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk:
 

1. Kurang kontrol


Kurang kontrol di sini maksudnya ketidakmampuan untuk memengaruhi keputusan ke pekerjaanmu seperti jadwal, tugas, atau beban kerja. Ke semua gejala ini dapat menyebabkan burnout. Begitu juga dengan kurangnya sumber daya yang kamu butuhkan untuk melakukan pekerjaanmu.
 

2. Harapan pekerjaan yang tidak jelas


Jika kamu tidak tahu jelas tentang tingkat otoritas yang kamu miliki atau apa yang diharapkan supervisor kamu atau orang lain, maka kemungkinan besar kamu tidak akan merasa nyaman di tempat kerja.

Dinamika tempat kerja disfungsional. Mungkin kaku bekerja dengan pelaku intimidasi di kantor, atau kamu merasa diremehkan oleh rekan kerja atau atasan yang mengatur pekerjaanmu secara mikro, ini dapat menyebabkan stres kerja.

Saat pekerjaan monoton atau kacau, kamu membutuhkan energi yang konstan untuk tetap fokus. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan dan kejenuhan pekerjaan.
 

3. Kurangnya dukungan sosial


Jika kamu merasa terisolasi di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi, kamu mungkin merasa lebih stres.
 

4. Ketidakseimbangan kehidupan kerja


Jika pekerjaan kamu menyita begitu banyak waktu dan tenaga, kamu jadi tidak memiliki energi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Ini akan membuat kamu cepat lelah.
(FIR)