FITNESS & HEALTH

5 Makanan untuk Mencegah Kanker Usus

Raka Lestari
Selasa 13 Oktober 2020 / 09:08
Jakarta: Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam mencegah terkena kanker. Beberapa studi menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan buah dan sayuran serta mengurangi konsumsi daging merah dan makanan yang diproses dapat mengurangi risiko kanker usus.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu mencegah terkena kanker usus, seperti dilansir Health Central:

Buah dan sayuran

Banyak studi yang menekankan bahwa kandungan fitokimia pada tumbuhan dapat memiliki efek melawan kanker. Buah dan sayur yang mengandung fitokimia bisa terlihat dari warnanya. Konsumsilah buah dan sayuran yang berwarna hijau, merah dan biru.

Bawang putih

Organosulfur adalah bahan kimia makanan penting yang merupakan bagian dari keluarga allium. Penelitian telah melaporkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk perlindungan kanker, dari makanan yang mengandungnya. Senyawa ini ditemukan pada bawang putih, daun bawang, bawang merah, daun bawang, daun bawang, dan bawang merah.

Serat

Menurut American Institute for Cancer Research, serat makanan yang ditemukan dalam makanan nabati membantu melindungi kita dari kanker, khususnya kanker kolorektal. Serat tidak larut yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dapat melindungi dari kanker mulut, kerongkongan, perut, dan rektum.

Minyak dan lemak sehat

American Cancer Society merekomendasikan bahwa sebagian besar asupan lemak kita harus berasal dari lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, yang ditemukan terutama dalam kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, produk kedelai, alpukat, dan minyak seperti minyak zaitun, kanola, dan kacang tanah. Ada bukti ilmiah bahwa makanan yang mengandung lemak sehat (seperti salmon, yang kaya omega-3), mungkin memiliki efek perlindungan pada penyakit radang usus.

Folat dan vitamin B

Ada bukti bahwa vitamin B folat (disebut asam folat) melindungi kanker, meskipun suplementasi berlebihan tidak dianjurkan. Baik folat dan vitamin B12 mengubah asam amino homosistein menjadi metionin, bahan kimia yang melindungi gen tertentu yang membantu mencegah sel menjadi kanker. Folat ditemukan dalam kacang-kacangan, buah jeruk, dan sayuran hijau.
(YDH)