FITNESS & HEALTH

5 Cara Memerangi Toxic Positivity

Sunnaholomi Halakrispen
Sabtu 10 Oktober 2020 / 18:06
Jakarta: Toxic positivity merupakan konsep menjaga pikiran tetap positif secara berlebihan, hingga menghindari emosi negatif. Bahayanya, kamu memendam perasaan negatif dan membiarkannya menumpuk. 

Supaya kamu bisa terlepas dari toxic poaitivity, lakukanlah sejumlah cara untuk memeranginya. Berikut ini 5 cara yang bisa kamu terapkan, dikutip dari Body and Soul.

1. Periksa bahasamu

Salah satu hal paling mengubah hidup adalah mengubah bahasa seputar caramu melabeli emosi. Mungkin sebelumnya kamu berpikir bahwa emosi getaran rendah seperti rasa malu, amarah, dan sikap apatis, adalah hal buruk untuk ditunjukkan.

Sebagai gantinya, kamu berpikir bahwa kamu harus berusaha memiliki emosi positif sebanyak mungkin. Tapi kenyataannya, semua emosi memiliki nilai yang sama dengan pengalaman manusia. 

Maka, tantang dirimu untuk mengoreksi diri sendiri sepanjang hari dengan lembut dan penuh kasih saat kamu menggunakan bahasa negatif atau positif tentang perasaanmu. Kemudian, lakukan keesokan harinya, dan di hari selanjutnya.

2. Pantau media sosial 

Media sosial adalah tempat berkembang biaknya toxic positivity. Kutipan caption foto Instagram yang indah mungkin terlihat tidak berbahaya. Tetapi dengan rata-rata orang melihat Instagram selama 53 menit setiap hari, itu adalah kebahagiaan palsu.

Ikuti orang-orang yang memposting tentang alat yang mereka gunakan untuk duduk dan mengatasi emosi yang keras. Bisukan atau berhenti ikuti orang-orang yang berbicara tentang bagaimana memiliki getaran positif setiap hari. Jika sesekali dia tidak siap memposting foto selfie tanpa filter, dia mungkin juga sedang memfilter emosinya.

3. Bagikan dengan orang lain

Ketika kita bersedia untuk berbicara secara terbuka tentang apa yang kita rasakan, kita mengizinkan orang lain untuk melakukan hal yang sama. Saat kita menyembunyikan perasaan dalam bayang-bayang rasa malu, perasaan itu menjadi lebih menakutkan, lebih marah, dan lebih sulit untuk diatasi.

Maka, pilihlah orang yang aman, seperti teman tepercaya, kerabat, atau pelatih, lalu ungkapkan kebenaranmu. Mungkin membantu untuk melakukan catatan pribadi terlebih dahulu.

4. Rasakan hal-hal yang sulit

Pada periode ketidakpastian yang sangat besar ini, banyak hal mengejutkan akan datang untuk semua orang. Frustrasi yang tampak baru hanya diperparah oleh situasi yang tidak biasa ini. 
Sering kali di luar rasa sakit dan ketakutan itulah jawaban dan kebebasan berbohong. Jadi, ketika emosi yang keras muncul ke permukaan, jangan abaikan, melainkan buatlah penasaran tentangnya.

5. Pilih optimisme daripada kepositifan

Sederhananya, kepositifan adalah kebahagiaan sintetis. Ini adalah kepura-puraan bahwa semuanya baik-baik saja. Optimisme mengakui bahwa saat ini, hal itu menyebalkan tetapi memiliki keyakinan bahwa itu akan baik-baik saja pada akhirnya. 
(YDH)