FITNESS & HEALTH

Waktu yang Tepat Minum Teh atau Kopi saat Berpuasa

Kumara Anggita
Selasa 04 Mei 2021 / 10:49
Jakarta: Beberapa orang memiliki kecanduan terhadap kopi atau teh. Kebiasaan ini membuat mereka sulit untuk melewatkan hari tanpa meminumnya.

Kamu perlu hati-hati minum teh atau kopi saat berpuasa. Meminumnya di waktu yang tidak tepat bisa membuatmu kehilangan banyak cairan.

Terkait hal tersebut, dr. Dyandra Parikesit, B.MedSc, Sp.U menyarankan agar kamu meminumnya di waktu berbuka puasa saja. Pastikan pula kamu tak punya penyakit mag.

“Kalau pas buka puasa boleh minum teh atau pasti disesuaikan dengan yang punya mag atau tidak. Tapi di luar itu, saran saya buka puasa makan malam boleh konsumsi,” ungkap dr. Dyandra dalam Live IG RS UI dengan Topik Waspada Batu Ginjal Selama Puasa.

Lebih lanjut, dr. Dyandra tak menganjurkan kamu untuk mengonsumsi teh atau kopi di waktu sahur. Sebab bisa menimbulkan efek diuretik.

“Tapi saran saya saat sahur jangan, karena teh atau kopi punya efek diuretik. Artinya kalau konsumsi itu bisa jadi lebih cepat ingin buang air kecil kan? produksi urine-nya saat itu ditingkatkan. Kalau sahur kan jadi lebih banyak cairan yang akan terbuang. Jadi saat buka saja. Jadi sahur air putih saja,” ujar dr. Dyandra.

Minuman terbaik adalah air putih. Menurutnya kamu perlu minum setidaknya 2 liter cairan sehari. Jadi, jangan minum kopi atau teh saat sahur ya agar puasamu lancar dan nyaman.
(FIR)