FITNESS & HEALTH

Apakah Mandi Harus Dilakukan Setiap Hari?

Raka Lestari
Rabu 09 Juni 2021 / 19:14
Jakarta: Mandi adalah salah satu cara untuk memersihkan tubuh dari kotoran serta debu yang menumpuk. Mandi juga bisa mencegah masuknya berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Tidak hanya membuat badan menjadi lebih bersih, mandi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat. Lalu, apakah mandi harus dilakukan setiap hari?

“Jika kamu tidak mandi pagi ini, bagi kebanyakan orang sama sekali tidak ada risiko kesehatan dengan melewatkan mandi itu," kata Dr Edison de Mello, MD, Ph.D., kepala petugas medis dari Akasha Center for Integrative Medicine.

“Tentu saja, jika kamu berkeringat maka kamu bisa mengalami sedikit bau badan. Meskipun begitu, mandi setiap hari tidak terlalu diperlukan," sambungnya.

Mandi setiap hari bukan hanya keperluan, tetapi mungkin terasa mustahil bagi sebagian orang jika tak melakukannya sehari sekalipun. Shower avoidance syndrome yang kadang-kadang disebut sebagai ablutophobia, adalah bentuk kecemasan yang bermanifestasi dalam ketakutan yang luar biasa akan mandi.

Untuk orang-orang tanpa fobia ini, tetapi yang memang sulit untuk melakukan mandi rutin setiap hari para ahli mengatakan, tidak mandi selama seminggu mungkin tidak akan berdampak secara dramatis pada kesehatan fisik seseorang.

Seberapa sering kamu harus mandi juga tergantung pada jenis kulit dan tingkat aktivitas kamu sendiri. Sangat penting untuk mengetahui kapan dan bagaimana mandi untuk tubuh dan aktivitas yang kamu lakukan setiap harinya.

Jika jam kerja yang panjang membuat seseorang berkeringat setiap hari, mandi lebih sering mungkin akan membantu agar tubuh tidak terlalu merasa kotor. Atau jika kulitmu cenderung kering maka sebaiknya menggunakan pelembap setiap habis mandi.
(FIR)