FITNESS & HEALTH

Beberapa Cara agar Berat Badanmu tak Naik

Kumara Anggita
Selasa 18 Mei 2021 / 15:06
Jakarta: Saat Lebaran membuatmu berisiko menambah berat badan, lantaran banyaknya makanan yang kamu konsumsi. Agar kamu bisa menjaga berat badan tak naik, ada beberapa cara yang bisa diikuti melansir WebMD:
 

1. Tambahkan otot


Salah satu cara terbaik untuk menghentikan penambahan berat badan adalah dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Cara ini bisa dilakukan dengan meningkatkan massa otot. Para ahli merekomendasikan latihan kekuatan beberapa kali seminggu untuk mempertahankan dan membangun otot.

"Otot aktif secara metabolik, dan untuk meminimalkan kehilangan otot yang terjadi secara alami, kamu harus aktif secara fisik setiap hari, termasuk latihan ketahanan dua hingga tiga kali seminggu," kata ahli fisiologi olahraga Felicia Stoler, RD.

“Dengan menjadi aktif, kamu dapat menikmati lebih banyak kalori tanpa menambah berat badan,”lanjutnya.
 

2. Menghilangkan kebiasaan buruk


Beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang yang menyebabkan penambahan berat badan meliputi:

- Tidak meluangkan waktu untuk aktivitas fisik.

- Makan sembarangan di depan TV setelah makan malam.

- Minum terlalu banyak alkohol atau minuman manis seperti kopi.

- Melewati sarapan.

- Makan makanan tidak teratur.

- Menghabiskan makanan anak-anak.

- Makan terlalu banyak karbohidrat sederhana (seperti gula dan roti putih) dan tidak cukup protein.
 

3. Membuat perubahan kecil


Kamu tidak perlu berusaha keras untuk berhenti menambah berat badan. Kamu hanya perlu membuat beberapa perubahan sederhana pada gaya hidup.

Untuk menghindari penambahan berat badan, para ahli merekomendasikan untuk menambahkan 2.000 langkah sehari ke dalam rutinitas, melakukan latihan kekuatan dua hingga tiga kali seminggu, dan mengurangi 100 kalori dari makanan kamu setiap hari.
(FIR)