FITNESS & HEALTH

Tindakan Pencegahan Covid-19 dalam Pertemuan Kecil

Yatin Suleha
Senin 30 November 2020 / 20:28
Jakarta: Dalam banyak hal, pertemuan kecil misalnya harus menjenguk orang tua yang sakit keras atau jika ada suasana kedukaan menyebabkan adanya pertemuan antara kolega atau keluarga.

Dalam pertemuan ini mungkin tak terlalu banyak orang namun bagaimana mengadakan pertemuan kecil yang bisa tetap aman dan sesuai dengan protokol kesehatan covid-19?

Dalam laman resmi WHO disebutkan bahwa jika kamu mengadakan pertemuan kecil hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:


1. Cek selalu regulasi kesehatan yang berlaku

2. Berikan pemahaman pada kolega atau saudara sebelum, selama, da sesudah acara berjalan

3. Jika memungkinkan acara tersebut diadakan di area terbuka bukan di dalam ruang. Ruang ini harus sesuai dengan saran WHO yang terdapat udara segar yaitu ventilasi yang baik

4. Pastikan jarak satu dengan yang lain tetap mengindahkan protokol kesehatan yang disarankan oleh WHO dan BNPB. Jika memungkinkan berikan tanda agar jarak aman terjaga

5. Sediakan berbagai kebutuhan sanitasi, mulai dari tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta hand sanitizer di beberapa titik agar kebersihan tangan tetap terjaga. Hal ini juga termasuk menyediakan masker untuk ganti serta tempat sampah yang tertutup agar masker kotor tetap di dalam tempat sampah (tidak terbang atau terjatuh terkena angin)

6. Tetap lakukan protokol kesehatan covid-19 yaitu semua tamu memakai masker.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)