FITNESS & HEALTH

5 Keuntungan Memiliki Kaki yang Kuat, Salah Satunya Mengelola Stres

Kumara Anggita
Jumat 09 April 2021 / 13:11
Jakarta: Untuk membuat kaki lebih kuat, kamu bisa mulai untuk lebih sering latihan kaki. Artinya kamu perlu untuk jalan kaki, squat, lompat tali, naik turun tangga dan masih banyak lagi.

Mengutip dari Healthline, latihan kaki melibatkan kelompok otot utama tubuh yang membantu meningkatkan kinerja atletik secara keseluruhan, dan mendukung pola gerakan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa manfaat memiliki kaki kuat yang perlu kamu ketahui:
 

1. Merangsang hormon


Latihan kaki dapat merangsang pelepasan hormon dalam jumlah besar. Cara ini membantu menghasilkan hormon seperti kortisol, testosteron, dan hormon pertumbuhan manusia (HGH).

Kortisol membantu tubuh merespons stres dan meningkatkan metabolisme lemak. Testosteron membantu tubuh memperbaiki protein otot yang rusak dan membangun otot rangka. HGH meningkatkan pertumbuhan otot, meningkatkan kekebalan, dan meningkatkan metabolisme lemak.
 

2. Menyeimbangkan kekuatan


Melakukan senam kaki akan menawarkan banyak manfaat. Mengerjakan setiap kaki secara individual membantu menyelaraskan tubuhmu dan memperbaiki ketidakseimbangan otot karena mengharuskan kamu menggunakan kedua sisi tubuh secara seimbang.

Cara ini memastikan kaki dominanmu tidak memberikan kompensasi yang berlebihan untuk sisi non-dominan dalam hal kekuatan, mobilitas, atau fleksibilitas.
 

3. Menguatkan otot inti


Latihan satu kaki dapat membantu kaki melatih otot inti, mengembangkan keseimbangan yang lebih baik, dan mencegah cedera. Latihan ini juga membantu rehabilitasi, karena bekerja di satu sisi tubuh dapat menstimulasi otot yang sama di sisi lain tubuh.

Stimulasi tidak langsung ini dapat memperkuat area cedera di sisi berlawanan dari tubuh yang kamu targetkan. Saat melakukan latihan satu kaki, selalu mulai dengan sisi non-dominan kamu.
 

4. Membentuk Otot


Manfaat lainnya dari latihan kaki bukan hanya bisa membangun tubuh bagian bawah yang kuat, tapi juga membantu untuk membentuk otot, mengencangkan dan mengukir kaki. Latihan kaki juga akan membakar kalori dan meningkatkan penurunan berat badan.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kebugaran secara menyeluruh, latihan kaki juga bisa memberikan dampak positif tersebut. Selain itu juga dapat mengurangi nyeri sendi, memperkuat tulang, meringankan sakit punggung bagian bawah, meningkatkan fungsi kognitif, membuat tubuh sejajar, seimbang, dan simetris, meningkatkan mobilitas, stabilitas, dan jangkauan gerak.
 

5. Mengelola stres


Selain itu, latihan kaki membantumu mengelola stres atas semua yang kamu alami usai melakukan kegiatan seharian. Dan, memperbaiki postur tubuh yang mungkin kurang ideal.

Jadi tunggu apa lagi? mulailah untuk melatih kakimu agar lebih setiap hari!
(FIR)