FITNESS & HEALTH

3 Alasan Kamu Enggak Boleh Meninggalkan Vitamin D

Kumara Anggita
Sabtu 20 Februari 2021 / 10:06
Jakarta: Vitamin D seharusnya menjadi vitamin yang perlu dipenuhi setiap hari, sayangnya sering disepelekan. Untuk itu pastikan kamu selalu mendapatkannya. Sebab vitamin yang satu ini memberikan berbagai manfaat penting untuk kelangsungan kesehatan tubuhmu.

Berikut tiga alasan mengapa kamu enggak boleh meninggalkan vitamin D, seperti dilansir Healthline:
 

Vitamin D, vitamin sinar matahari


Vitamin D ini sering disebut dengan vitamin sinar matahari karena diproduksi di kulit kamu sebagai respons terhadap sinar matahari. Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak di kelompok senyawa yang mencakup vitamin D-1, D-2, dan D-3.

Jika tubuhmu tidak mendapatkan cukup vitamin D, kamu berisiko mengalami kelainan tulang seperti tulang lunak (osteomalacia) atau tulang rapuh (osteoporosis).
 

Manfaat vitamin D


Vitamin D tentunya memberikan berbagai manfaat yang penting untuk kesehatan fisik maupun mentalmu. Beberapa manfaat utama dari vitamin D antara lain:


1. Vitamin D melawan penyakit

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D berperan dalam melawan berbagai penyakit. Menurut sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, vitamin ini mampu mengurangi risiko multiple sclerosis.

Tak hanya itu, menurut temuan tahun 2008, vitamin ini juga mampu mengurangi kemungkinan kamu terkena penyakit jantung.

Vitamin D juga baik untuk penyakit pernapasan. Menurut penelitian 2010 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical, vitamin D membantu mengurangi kemungkinan kamu terkena flu.


2. Vitamin D mengurangi depresi

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D mungkin memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati dan menangkal depresi. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa orang dengan depresi yang menerima suplemen vitamin D memperhatikan perbaikan gejala.

Dalam studi lain terhadap orang-orang dengan fibromyalgia, peneliti menemukan kekurangan vitamin D lebih sering terjadi pada mereka yang juga mengalami kecemasan dan depresi.


3. Vitamin D meningkatkan penurunan berat badan

Pertimbangkan untuk menambahkan suplemen vitamin D ke dalam makananmu jika kamu mencoba menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D setiap hari, mampu menurunkan berat badan lebih banyak daripada subjek yang mengonsumsi suplemen plasebo. Para ilmuwan mengatakan tambahan kalsium dan vitamin D memiliki efek penekan nafsu makan.
 

Sumber makanan vitamin D


Beberapa makanan mengandung vitamin D secara alami. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon sarden, kuning telur, dan udang.

Sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D setiap hari melalui paparan sinar matahari dan makanan saja, jadi mengonsumsi suplemen vitamin D  juga dapat membantu.
(FIR)