FITNESS & HEALTH

5 Cara Efektif untuk Meredakan Nyeri Sinus

Sandra Odilifia
Jumat 26 Februari 2021 / 14:03
Jakarta: Bagi kamu yang pernah mengalaminya, pasti tahu bahwa nyeri sinus sangat mengganggu. Sinus sendiri terdiri dari dua jenis, akut atau kronis.

Biasanya infeksi sinus disebabkan karena alergi debu, bahan kimia atau iritan. Hal itu terjadi ketika saluran hidung kamu meradang dan terinfeksi.

Beberapa gejalanya meliputi sakit kepala, nyeri pada wajah, nyeri pada sinus, telinga, gigi, demam, pembengkakan wajah, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan batuk.

Mengonsumsi vitamin A dalam jumlah yang baik dapat membantu membangun pertahanan yang kuat terhadap infeksi sinus. Tetapi melansir dari Times of India, ada juga pengobatan rumahan yang mudah untuk kamu coba, di antaranya:
 

1. Minum banyak air


Menjaga diri kamu terhidrasi dapat mencegah dari dehidrasi. Kamu juga harus mengonsumsi lebih banyak cairan untuk mendapatkan kelegaan dari nyeri sinus. Cairan membantu mengencerkan lendir, yang juga membawa kelegaan ke saluran hidung.
 

2. Uap


Uap membantu dengan membersihkan saluran hidung yang tersumbat. Jika kamu tidak memiliki alat pengukus, kamu dapat merebus sedikit air, ambil handuk dan tambahkan sedikit mint ke dalam air untuk meredakan nyeri. Menguap wajah dengan air mint akan meredakan nyeri dan iritasi yang disebabkan oleh sinus.
 

3. Makan sup


Secangkir sup panas dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Kamu dapat memilih sup apa saja yang kamu suka, sesuai selera kamu. Uap dari sup dan bahan-bahan sehat di dalamnya dapat membantu membersihkan sinus.
 

4. Bilas saluran hidung


Proses ini juga disebut dengan irigasi hidung. Dalam proses ini, kamu harus mengeluarkan larutan hidung melalui saluran hidung. Cara ini membantu dengan membuang bakteri dan virus. Proses ini juga membantu meredakan sumbatan.
 

5. Cuka sari apel


Cuka sari apel memiliki banyak manfaat kesehatan dan salah satunya adalah menghilangkan sakit sinus. Minumlah cuka sari apel dengan air hangat atau teh untuk meredakan nyeri sinus. Selamat mencoba ya, Teman Gaya!
(FIR)