FITNESS & HEALTH

Gejala Inflamasi Kronis yang Sebaiknya Tidak Kamu Abaikan

Raka Lestari
Minggu 18 April 2021 / 09:00
Jakarta: Inflamasi atau peradangan merupakan hal yang dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Inflamasi secara alami bisa terjadi ketika zat asing atau berbahaya masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka, misalnya. 

Meskipun demikian, inflamasi yang berlangsung secara terus-menerus akan menyebabkan beberapa penyakit dan kondisi kesehatan di kemudian hari.

Inflamasi kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius jika tidak ditangani, yaitu diabetes tipe 2, penyakit autoimun, kanker, dan bahkan penyakit Alzheimer. Lalu, apa saja tanda-tanda dari inflamasi kronis? Berikut ini adalah daftarnya:
 

Konstipasi


Ashley Kitchens, MPH, RD, LDN mengatakan sembelit yang terjadi secara rutin adalah indikator utama bahwa tubuh mungkin menghadapi inflamasi kronis. 

"Seseorang dikatakan mengalami sembelit ketika mereka buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Ini dapat menyebabkan feses yang keras dan kering yang sulit atau menyakitkan untuk dikeluarkan," kata Kitchens.
 

Diare


"Diare yang tidak dapat dijelaskan mungkin merupakan tanda penyakit radang usus," kata Cedrina Calder, MD, MSPH. "Selain diare, penyakit radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa dapat menyebabkan sakit perut, kelelahan, tinja berdarah, dan penurunan berat badan,” tambahnya.
 

Fluktuasi berat badan


Salah satu tanda lain dari inflamasi kronis adalah berat badan yang mengalami fluktuasi. "Seseorang mengalami fluktuasi berat badan ketika tubuh mereka mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara tidak biasa,” ujar Kitchens. “Gejala ini bisa disertai dengan masalah GI lainnya seperti sembelit atau diare.”

Selain itu, menurut Alexandra Sowa, MD, dokter ahli penyakit dalam dan obesitas, serta instruktur klinis kedokteran di NYU Langone, mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab adanya inflamasi kronis pada tubuh.
 

Kelelahan


"Merasa lebih lelah dari biasanya mungkin merupakan tanda peradangan kronis," kata Calder. "Kelelahan adalah gejala umum yang dapat terjadi pada beberapa penyakit inflamasi kronis yang berbeda." Selain itu, kelelahan juga bisa menjadi tanda bahwa kamu kekurangan vitamin-vitamin tertentu.
(TIN)