FITNESS & HEALTH

Fakta Berbahaya Minum Sambil Berdiri

Sandra Odilifia
Kamis 08 Oktober 2020 / 11:18
Jakarta: Sebagian orang percaya bahwa tidak ada perbedaan antara minum sambil duduk ataupun berdiri. Faktanya, minum sambil berdiri ternyata berbahaya bagi kesehatan. 

Dilansir dari Awaaznation, inilah alasan sebaiknya kamu membiasakan diri untuk minum dalam tegukan kecil sambil duduk untuk menghindari: 

1. Artritis (radang sendi)

Dengan meminum air sambil berdiri Anda mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, dan ini sering mengarah pada akumulasi cairan yang lebih besar pada sendi sehingga memicu artritis.

2. Kerongkongan mengalami sensasi terbakar

Ketika kamu minum air sambil berdiri, bagian bawah esofagus akan tersentuh dengan keras. Hal itu dapat mengganggu sfingter, yang merupakan persendian antara lambung dan kerongkongan.

3. Kerusakan sistem pencernaan

Para ahli kesehatan mengatakan minum air secara terburu-buru dengan posisi berdiri, dapat membuat air langsung mengalir ke usus sambil memercikkan dinding perut. Sehingga, menyebabkan kerusakan pada dinding lambung dan saluran pencernaan. 

4. Ketegangan Saraf

Ketika kamu minum air sambil berdiri, tubuh mengaktifkan 'sistem fight-or-flight' yang menyebabkan ketegangan saraf di tubuh.

5. Selalu merasa haus

Saat minum sambil berdiri, tapi kamu tetap merasa haus. Ketahuilah rasa haus itu tidak pernah sepenuhnya hilang jika kamu tidak mengubah posisi itu.
(yyy)