FITNESS & HEALTH

6 Buah untuk Atasi Sembelit Akibat Terlalu Banyak Makan Daging

Raka Lestari
Rabu 21 Juli 2021 / 12:00
Jakarta: Pada Hari Raya Iduladha konsumsi daging biasanya akan meningkat. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit lho! Kondisi ini tentu akan membuat perut tidak nyaman. Dan untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa jenis buah yang bisa mengatasi perut sembelit, diantaranya:

 

1. Plum kering 


Buah plum kering sudah terkenal akan manfaatnya yang bisa mengatasi sembelit secara alami. Plum kering mengandung serat dalam jumlah tinggi, yaitu hampir 3 gram serat per porsi. Atau sekitar seperempat cangkir (40 gram). Serat tidak larut dalam plum yang dikenal sebagai selulosa dapat melancarkan pencernaan.

Selain itu, plum mengandung sorbitol. Alkohol gula ini tidak diserap dengan baik oleh tubuh, menyebabkan air ditarik ke dalam usus besar dan menyebabkan efek pencahar pada beberapa orang.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

 

2. Apel 


Buah ini kaya akan serat. Faktanya, satu apel berukuran sedang dengan kulitnya (sekitar 200 gram) mengandung 4,8 gram serat. Meskipun sebagian besar serat itu tidak larut, apel juga mengandung serat larut, yang sebagian besar berupa serat makanan yang disebut pektin.

Di dalam usus, pektin dengan cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek. Ini dapat menarik air ke dalam usus besar, melunakkan tinja dan mengurangi waktu transit usus.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Pir


Pir adalah buah lain yang kaya serat, dengan sekitar 5,5 gram serat dalam buah berukuran sedang (sekitar 178 gram). Di samping manfaat serat, pir sangat tinggi fruktosa dan sorbitol dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

 

4. Kiwi 


Satu kiwi (sekitar 75 gram) mengandung sekitar 2,3 gram serat. Bukan hanya serat dalam kiwi yang dianggap bisa melawan sembelit. Enzim yang dikenal sebagai actinidin juga dihipotesiskan bertanggung jawab atas efek positif kiwi pada motilitas usus dan kebiasaan buang air besar.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Buah tin 


Mengonsumsi buah tin adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat dan meningkatkan kebiasaan buang air besar yang sehat. Satu buah tin mentah berukuran sedang (sekitar 50 gram) mengandung 1,5 gram serat. Selain itu, hanya setengah cangkir (80 gram) buah tin kering mengandung 7,9 gram serat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

 

6. Jeruk 


Jeruk adalah buah ringan yang menyegarkan dan sumber serat yang baik. Jeruk kaya akan serat pektin larut, terutama kulitnya. Pektin dapat mempercepat waktu transit kolon dan mengurangi sembelit. Selain itu, buah jeruk mengandung flavanol yang disebut naringenin, yang dapat berkontribusi pada efek positifnya pada sembelit.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)