FITNESS & HEALTH

4 Langkah Bijak Memilih Produk Asupan yang Lebih Sehat

A. Firdaus
Kamis 08 April 2021 / 06:13
Jakarta: BPOM menghadirkan kebijakan pencantuman logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada produk siap konsumsi. Kebijakan ini merupakan salah satu bentuk mendorong masyarakat untuk menjalani konsumsi berkesadaran, serta memilih produk yang aman, dan sesuai kebutuhan.

Dukungan terhadap inisiatif ‘Pilihan Lebih Sehat’ dari BPOM juga disampaikan Nutrisionis, Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi. Menurutnya, ketika kamu memutuskan asupan untuk dikonsumsi setiap hari, penting bagimu untuk lebih mindful dan bijak dalam mengambil keputusan.

"Bukan sekedar memenuhi keinginan, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah apakah tubuh kita membutuhkan asupan tersebut," ujar Seala saat Webinar Frisian Flag Indonesia bertajuk ‘Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu, menurut Seala, terapkan kerangka berpikir berikut untuk lebih sadar dalam memilih produk asupan:
 

1. Pahami kebutuhan tubuh dan konsep gizi seimbang


Pastikan konsumsi yang beraneka ragam serta porsinya tepat, cukup, tidak berlebih. Variasi dan moderasi adalah kunci.
 

2. Jangan asal pilih


Tetapkan kriteria produk yang akan dikonsumsi. Pastikan dalam menentukan kriteria, makanan pilihan adalah yang tidak berlebih gula, garam, lemaknya. Ingat, bukan tidak boleh, tapi jangan sampai berlebihan.
 

3. Kenali dan temukan brand yang terpercaya


Mengenal nilai dan rekam jejak suatu brand, berarti lebih peduli bukan hanya untuk diri, tapi juga lingkungan dan masyarakat yang lebih luas.
 

4. Cermat membaca petunjuk-petunjuk dari kemasan produk.  


Luangkan waktu sedikit lebih lama untuk membaca 'Informasi Nilai Gizi'. Perhatikan juga label-label yang tertera pada kemasan, apakah aman, sehat, adakah nilai tambahnya?.

“Sebagai salah satu sumber protein hewani berkualitas, mudah dicerna, serta praktis untuk dikonsumsi, susu menjadi salah satu pilihan asupan bermanfaat untuk membantu pemenuhan kebutuhan gizi harian," ujar Seala.

"Susu kaya akan berbagai zat gizi, baik makro (protein, karbohidrat, lemak) maupun mikro (vitamin dan mineral), yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan di setiap fase kehidupan. Seperti membantu menjaga kesehatan tulang, menunjang pertumbuhan, sampai mendukung daya tahan tubuh," tutup Seala.
(FIR)