FITNESS & HEALTH

Ragam Vitamin yang Larut dalam Lemak dan Manfaatnya

Raka Lestari
Rabu 07 Oktober 2020 / 13:55
Jakarta: Vitamin terdiri dari dua jenis, yaitu yang larut dalam lemak atau larut dalam air. Perbedaan diantara keduanya adalah bagaimana mereka diserap dan disimpan di dalam tubuh. Ada empat jenis vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.

Apa saja manfaat dari vitamin yang larut dalam lemak tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya:

Vitamin A 

Vitamin A memiliki peran penting yang disebut diferensiasi sel. “Diferensiasi sel membuat sel-sel di mata memindahkan gambar ke otak dan membantu sel-sel di usus untuk menyerap nutrisi,” ujar Ashley Reaver, MS, RD, CSSD, seorang dosen diet di University of California, Berkeley. 

“Vitamin A juga penting untuk pertumbuhan janin selama kehamilan. Vitamin A tersedia di berbagai buah dan sayuran, seperti wortel, labu, ubi, bayam, kale dan tomat," tambahnya.

Vitamin D

Vitamin D membantu mengatur penyerapan kalsium dari usus. Kalsium membantu kontraksi otot, manajemen tekanan darah, dan menjaga kepadatan tulang. 

“Sebagian besar vitamin dapat ditemukan dalam makanan, tetapi vitamin D sebagian besar diproduksi oleh kulit kita saat berada di bawah sinar matahari. Selain itu, juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen,” ujar Nicole DeMasi Malcher, MS, RDN, CDCES, ahli gizi terdaftar.


(Vitamin K1 biasanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari tumbuhan, sedangkan K2 berasal dari produk hewani. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas berpotensi merusak sel-sel dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko untuk mengembangkan kanker dan penyakit serius lainnya. Mendapatkan vitamin E yang cukup dapat mencegah terjadinya kerusakan tersebut.

Vitamin ini juga membantu melancarkan sistem pembuluh darah, mencegah penggumpalan darah yang berbahaya yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kamu bisa mendapatkan vitamin E dari biji bunga matahari, kacang-kacangan, dan minyak sayur.

Vitamin K

Ada dua tipe utama vitamin K, yaitu K1 dan K2. Vitamin K1 biasanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari tumbuhan, sedangkan K2 berasal dari produk hewani.

Kedua bentuk vitamin K ini membantu dalam pembekuan darah, kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan beberapa fungsi lain dalam tubuh,” kata Malcher.
(yyy)