FITNESS & HEALTH

5 Makanan Ini Dapat Membentuk Otot Secara Alami

Sandra Odilifia
Selasa 06 April 2021 / 08:38
Jakarta: Apakah kamu sedang berencana membentuk otot? Jika ya, selain latihan fisik, salah satu yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi lebih banyak protein.

Menurut para ahli, makanan berprotein tinggi dan aktivitas fisik teratur diperlukan untuk membentuk dan menguatkan otot.

Melansir E Times, berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu membangun otot secara alami:

 

1. Kacang-kacangan


Tahukah kamu bahwa kacang adalah sumber protein sehat yang membantu meningkatkan kekuatan otot. Hampir semua varietas kacang kaya akan protein tanpa lemak. Satu cangkir kacang matang mengandung protein sebanyak 15 gram.

Selain itu, kacang-kacangan seperti buncis juga kaya serat dan mineral penting lainnya seperti magnesium, fosfor, zat besi dan vitamin B. Faktanya, mengonsumsi protein nabati adalah ide yang bagus untuk menjaga kekuatan otot.


(Hampir semua varietas kacang kaya akan protein tanpa lemak. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Kedelai


Kedelai adalah salah satu jenis protein nabati yang paling sehat. Sebanyak 100 gram kedelai mengandung kurang lebih 52 gram protein. Selain itu, adanya lemak tak jenuh, vitamin dan mineral menjadikan kedelai salah satu alternatif daging yang paling sehat untuk membantu memperkuat otot.

Terlebih lagi, menambahkan kedelai ke dalam makanan harianmu juga dapat memberikan dorongan mineral yang sehat seperti zat besi, vitamin K, dan fosfor.


(Sebanyak 100 gram kedelai mengandung kurang lebih 52 gram protein. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Telur


Telur adalah pembangkit tenaga yang kaya protein, lemak sehat dan nutrisi penting seperti vitamin B dan kolin. Selain itu, telur juga mengandung leusin asam amino berkualitas tinggi, yang membantu mendapatkan kekuatan otot serta meningkatkan energi.


(Telur mengandung leusin asam amino berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan energi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4.  Ikan salmon


Salmon adalah sumber protein dan asam lemak omega 3 yang baik. Satu porsi salmon mengandung sekitar 17 gram protein dan sekitar 2-3 gram asam lemak omega 3 dan vitamin B. Namun, jumlahnya bisa berbeda-beda tergantung pada porsi ikannya.

Menariknya, menambahkan salmon ke dalam makanan secara alami dapat membantu membangun otot yang kuat sekaligus bagus untuk kesehatan jantung, kesehatan tulang, dan kulit.


(Satu porsi salmon mengandung sekitar 17 gram protein dan sekitar 2-3 gram asam lemak omega 3 dan vitamin B. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Pisang


Pisang merupakan makanan yang sempurna untuk dinikmati setelah berolahraga karena komposisinya yang kaya protein. Selain itu, pisang juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mengisi kembali glikogen otot yang mengarah pada pemulihan otot.


(Pisang merupakan makanan yang sempurna untuk dinikmati setelah berolahraga. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


(yyy)