FITNESS & HEALTH

Jangan Remehkan Kolestrol Tinggi, Bisa Berakibat Fatal

Sandra Odilifia
Selasa 20 Oktober 2020 / 13:53
Jakarta: Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah, dan itu dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel yang sehat. Namun, hati-hati jika kamu kelebihan kadar kolesterol, karena itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dinukil dari Mayoclinic, kadar kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah kamu. Kemudian, timbunan ini dapat tumbuh sehingga menyulitkan darah untuk mengalir melalui arteri kamu.

Terkadang, endapan tersebut bisa pecah tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan nyeri dada, serangan jantung atau bahkan stroke.

Kolesterol tinggi dapat terjadi karena faktor keturunan dan usia, namun itu juga sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti, merokok, diet yang buruk, kelebihan berat badan, kurang berolahraga, dan diabetes.
 

Apa saja gejala kolesterol tinggi?


Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Sehingga, tes darah adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi apakah kamu memiliki kolestrol yang tinggi atau tidak.

Agar tidak berisiko fatal, sebaiknya periksa kadar kolestrol kamu ke dokter setelah kamu berusia 20 tahun. Kemudian periksa kembali kolesterol kamu setiap empat hingga enam tahun.

Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau menunjukkan faktor risiko lainnya, kamu mungkin harus tes kolestrol lebih sering lagi.
 

Cara mencegah kolesterol tinggi


Untuk membantu mencegah kolesterol tinggi, kamu dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Makan makanan rendah garam yang menekankan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian

2. Batasi jumlah lemak hewani dan gunakan lemak baik secukupnya

3. Kurangi berat badan ekstra dan pertahankan berat badan yang sehat

4. Berhenti merokok

5. Berolahragalah, setidaknya selama 30 menit dalam seminggu

6. Kelola stres dengan baik.
(TIN)