FITNESS & HEALTH

Bagaimana Membentuk Kebiasaan?

Kumara Anggita
Rabu 28 April 2021 / 07:14
Jakarta: Semua orang pasti ingin memiliki kebiasaan yang baik di dalam hidupnya seperti berolahraga, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, sering belajar dan masih banyak lagi. Kira-kira bagaimana ya membentuk kebiasaan-kebiasaan ini?

Mengutip dari Psych Central Taylor Hiers, konselor profesional berlisensi dengan Thriveworks menjelaskan bahwa kebiasaan pada dasarnya adalah pola perilaku yang menjadi otomatis setelah pengulangan teratur. Kamu menjadi terbiasa melakukan sesuatu tanpa berpikir dua kali.

Tapi kebiasaan tidak sesederhana itu. Kamu perlu menyadari apakah kebiasaan yang kamu lakukan itu baik untuk kesejahteraan hidup atau sebaliknya.

Kebiasaan seperti olahraga, makan sehat, tidur tepat waktu mungkin baik untuk dipertahankan. Beberapa hal lain seperti binge watching atau pesta nonton, begadang, atau makan junk food mungkin perlu kamu singkirkan.

Jadi, bila kamu ingin membangun kebiasaan baru yang menurutmu baik, maka kamu perlu melakukannya secara teratur. Mengutip dari North Shore, ada beberapa tips untuk memulai rutinitas baru yang bisa kamu ikuti terus-menerus.

Amanda Caplan, MD, Kedokteran Keluarga di NorthShore menganjurkan kamu untuk:
 

Putuskan apa yang perlu kamu masukan dalam rutinitas


Apakah kamu ingin berolahraga lebih banyak atau membuat lebih banyak waktu sendirian? Memprioritaskan apa yang penting bagi kamu sebelum memulai adalah kuncinya.
 

Tetapkan tujuan kecil


Pecah setiap tujuan besar menjadi tujuan yang lebih kecil. Sementara tujuan besar menarik untuk diatasi, hal itu sering kali mengarah pada kegagalan karena kamu jadi mengambil terlalu banyak hal. Jika tujuan kamu secara keseluruhan adalah makan makanan yang lebih sehat, mulailah dengan mengubah satu hal setiap hari, untuk membangun kepercayaan diri. Saat kamu berhasil melakukannya, beri selamat pada diri kamu sendiri!
 

Susun rencana


Mulailah dengan menerapkannya satu minggu dan mulai dari yang kecil. Dengan cara itu kamu dapat membangun pencapaian sederhana. Tuliskan semuanya di kalender, hampir seperti janji temu.
 

Bersikaplah konsisten dengan waktu


Jika kamu ingin berjalan-jalan setiap hari, cobalah pada waktu yang sama setiap hari. Menyelesaikan tugas kamu di pagi hari sebelum kehilangan motivasi memungkinkan kamu menikmati manfaat sepanjang hari.  
 

Bersiaplah


Saat memutuskan suatu rutinitas baru, pastikan kamu memiliki semua hal yang dibutuhkan sebelum memulai. Ini akan memudahkan untuk memulai tanpa penundaan. 
 

Buat menyenangkan


Masuk ke rutinitas baru dan tujuan baru tidak selalu menyenangkan, tetapi ada cara untuk membuatnya menyenangkan. Misalnya kamu bisa melakukannya dengan teman.Dengan seperti itu, kamu jadi lebih semangat setiap hari.
 

Lacak kemajuan kamu


Buat kalender visual yang bisa kamu coret setiap hari setelah kamu menyelesaikan tugas. Ini akan banyak memotivasi kamu.
 

Hadiahi diri sendiri


Setelah kamu melakukan rutinitas secara konsisten, hadiahi diri kamu dengan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya, jika tujuan kamu adalah membiasakan diri membereskan barang-barang yang berantakan setiap malam sebelum tidur, hadiahi diri kamu  sandal baru yang bisa kamu nikmati di sekitar rumah yang bersih.
(YDH)