FITNESS & HEALTH

Setelah Berolahraga Kaki Jangan Langsung Ditekuk, Bisa-bisa Terkena Varises

Raka Lestari
Jumat 28 Januari 2022 / 15:30
Jakarta: Berolahraga memang sudah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat olahraga berujung timbul penyakit.

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan setelah berolahraga adalah menekuk kaki. Ternyata, kebiasaan menekuk kaki setelah berolahraga bisa berakibat buruk seperti menyebabkan varises.

"Varises adalah pelebaran pembuluh darah balik/vena yang menonjol dan berliku-liku. Terutama di vena permukaan anggota gerak bawah," ujar dr. Wirya A. Graha, Sp.BTKV selaku Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular Bethsaida Hospital, dalam Media Gathering Bethsaida Hospital.

Ketika berolahraga, kata dr. Wiryam darah akan mengalir dalam jumlah yang banyak. Ketika ditekuk, maka aliran darah menjadi tidak lancar. Ketika itu terjadi, pembuluh darah akan melebar.

"Untuk itu, sebaiknya ketika setelah berolahraga kakinya jangan langsung ditekuk. Disarankan untuk paling tidak selonjoran terlebih dulu setelah kita selesai melakukan olahraga," saran dr. Wirya.

Beberapa jenis olahraga yang biasanya memicu varises biasanya yang kerap bertumpu pada kaki. Seperti olahraga lari, basket, badminton, hingga angkat beban. Untuk itu, dr. Wirya menyarankan agar tidak langsung menekuk kaki setelah berolahraga melainkan diluruskan terlebih dulu selama beberapa menit.

Efek dari penyakit varises memang bisa ringan atau sekedar masalah kosmetik saja, tetapi jika tidak diterapi dengan baik penyakit ini, bisa menimbulkan dampak serius pada kesehatan seperti pembengkakan pada kaki, kemudian kaki menjadi lebih berat, kebas, pegal dan kesemutan.

Pada fase ini penderita merasa terganggu pada saat melakukan aktivitas fisik. Keluhan pegal sampai kram biasa timbul pada malam hari atau setelah berjalan dan melakukan aktivitas yang berlebihan. Bahkan pada kondisi yang jauh lebih serius, varises bisa menimbulkan luka yang sulit sembuh hingga bertahun-tahun.
(FIR)