FITNESS & HEALTH

Wah! Masker KN95 Ternyata Bisa Dipakai Terus-menerus Sampai 1 Bulan

Rendy Renuki H
Jumat 30 Juli 2021 / 14:18
Jakarta: KN95 menjadi salah satu opsi masker yang cukup aman dipakai untuk protokol kesehatan saat pandemi Covid-19. Masker ini diklaim bisa menyaring hingga 95 persen partikel aerosol.

Masker jenis ini pun jumlahnya cukup banyak di pasaran, ketimbang masker N95 yang memang terbatas dan lebih diperuntukkan bagi keperluan medis.

Namun, harga masker KN95 masih cukup mahal dari beberapa jenis lainnya. Tetapi ternyata ada tips hemat untuk tetap bisa menggunakan masker KN95.

Pasalnya, masker ini ternyata bisa dipakai terus-menerus bahkan hingga satu bulan. Sehingga tidak seperti masker lainnya yang kerap hanya sekali pakai.

Tips tersebut dibagikan dr. Faeem Younus di Twitter. Dokter asal Amerika Serikat (AS) itu membocorkan tips agar bisa menghemat pemakaian masker KN95.

"Masker KN95 Mahal. Bagaimana Cara Menggunakannya Kembali? Beli dua KN95," kicau Faheem Younus di Twitter-nya yang telah dipublikasi awal Juli lalu.

Dua buah masker KN95 itu menurutnya bisa dipakai secara bergantian. Sehingga dua masker tersebut bisa dipakai selama satu bulan.

"Simpan satu di kantong kertas cokelat, gunakan yang lain untuk sehari-hari. Kemudian beralih (ke masker lainnya), terus bergantian selama digunakan oleh orang yang sama. Dua KN95 dapat bertahan > bulan," lanjutnya.

Seperti diketahui, rata-rata harga masker KN95 yang dijual di pasaran berkisar Rp39 ribu. Harga itu untuk satu kotak masker yang  berisi 10 buah.
(MBM)