FITNESS & HEALTH

Mengenal Yoga Mata dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Raka Lestari
Rabu 21 Juli 2021 / 10:00
Jakarta: Yoga mata, salah satu tren kesehatan terbaru yang sedang banyak diperbincangkan. Melakukan yoga mata dianggap dapat mengurangi kelelahan mata, mempertajam kemampuan penglihatan, dan menangkal stres.

Meskipun belum ada bukti bahwa yoga mata dapat membantu kondisi astigmatisme dan masalah penglihatan lainnya, yoga ini memiliki beberapa manfaat potensial.

Sama seperti yoga biasa, bentuk latihan ini memperkuat otot-otot yang terlibat. “Seiring waktu, yoga mata dapat meningkatkan kesehatan mata. Bagian terbaiknya adalah, kamu bisa melakukannya di sofa, di tempat tidur, atau sambil mengerjakan pekerjaan rumah," kata guru yoga Chatty Dobson.


(Yoga mata diyakini dapat mengurangi kelelahan mata dan efek negatif lainnya akibat terlalu lama menatap layar. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)


Palming, blinking, zooming, dan latihan yoga mata lainnya bisa dilakukan kapan saja, di mana saja. Kuncinya adalah konsisten dan melakukan gerakan ini setiap hari atau setiap saat. Pastikan kamu memiliki ekspektasi yang realistis sebelum memulainya.  

Yoga mata tidak akan memperbaiki penglihatan mata atau menghilangkan kebutuhan akan kacamata. Namun, itu dapat mengurangi kelelahan mata dan efek negatif lainnya akibat terlalu lama menatap layar.


Melansir The List, ada beberapa manfaat yang kamu dapatkan dari melakukan yoga mata, diantaranya: 

 

Mengurangi kelelahan mata


Yoga mata dapat mengurangi kelelahan mata dan mencegahnya menjadi lebih buruk. Dalam satu penelitian, bentuk latihan ini mengurangi kelelahan mata pada mahasiswa sarjana, menurut Journal of Physical Therapy Science. Subjek penelitian berlatih yoga mata selama 60 menit, dua kali seminggu. Setelah dua bulan, mereka melaporkan penurunan kelelahan mata yang lebih besar daripada kelompok yang tidak melakukannya.

Menurut International Yoga Journal, para peneliti menemukan bahwa yoga mata dapat meningkatkan efisiensi otot ekstraokular.

"Menguatkan otot-otot mata juga mengurangi penurunan fokus mata yang kita lihat seiring bertambahnya usia, dan peregangan yang kita terima dari yoga mata sangat bermanfaat dalam meredakan sakit kepala tegang dan mengendurkan otot-otot wajah secara umum," kata Dobson.


(Menurut International Yoga Journal, para peneliti menemukan bahwa yoga mata dapat meningkatkan efisiensi otot ekstraokular. Foto: Ilustrasi. Dok. Istimewa)

 

Mempertajam kemampuan mata


Dengan latihan teratur, melakukan yoga mata dapat meningkatkan kemampuan mata dan menjaga kesehatan mata. Misalnya, sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam International Yoga Journal menunjukkan bahwa latihan ini dapat mengurangi stres dan tekanan intraokular pada orang dengan glaukoma.

(yyy)