FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Mengejutkan dari Buah Naga, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Raka Lestari
Sabtu 08 Mei 2021 / 12:08
Jakarta: Buah naga merupakan salah satu buah-buahan tropis yang memiliki warna cerah dan memiliki bintik-bintik hitam di dalamnya. Dikenal juga dengan pitayam, buah ini berasal dari Amerika Tengah dan disebut sebagai 'buah naga' karena cangkangnya yang cerah dan bersisik.

Buah ini memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan dan jangan ragu untuk menambahkannya pada dietmu. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah naga yang penting untuk kesehatan:
 

1. Menurunkan kolesterol


Buah naga secara alami memiliki kadar kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trasn yang rendah. Biji yang ada di dalam buah ini sarat dengan asam lemak omega 3  yang penting untuk kesehatan. Selain itu, penting juga untuk mereka yang mengikuti pola diet vegan, karena mereka tidak mengonsumsi omega 3 dari sumber umum seperti ikan.
 

2. Kaya akan antioksidan


Buah ini juga sering disebut sebagai super fruit karena mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak tubuh atau bahkan bisa menyebabkan kanker. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan kulit tampak lebih muda dan bercahaya.
 

3. Menjaga kesehatan jantung


Buah naga kaya akan serat, dan seperti yang kami sebutkan sebelumnya, antioksidan, yang berkontribusi pada kesehatan jantung. Buah naga dapat melawan plak yang bisa menyumbat arteri, sehingga menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh.

Konsumsi buah naga secara teratur tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang.
 

4. Kaya akan vitamin


Magnesium: Dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan depresi, meningkatkan kinerja olahraga dan bahkan memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Kalium: Meningkatkan massa otot, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kecemasan dan stres, serta meredakan stroke atau kondisi jantung.

Zat besi: Zat besi membantu mengatur suhu tubuh, menjaga energi dan fokus serta meningkatkan kekebalan.

Vitamin C: Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan kolagen untuk membuat kulit sehat dan bercahaya.  
 

5. Meningkatkan kesehatan usus


Buah naga kaya akan serat, yang membantu menjaga tekanan darah dan berat badan. Buah ini juga dikemas dengan prebiotik untuk meningkatkan kesehatan usus.

Prebiotik meningkatkan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh untuk menurunkan risiko infeksi usus, dan membuat buang air besar lebih teratur.
(FIR)