FITNESS & HEALTH

7 Faktor Munculnya Asam Urat, Salah Satunya Gara-gara Diet

Kumara Anggita
Jumat 07 Mei 2021 / 15:26
Jakarta: Asam urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan. Biasanya memengaruhi sendi jempol kaki. Kadang, asam urat juga bisa menyerang bagian atas kaki dan pergelangan kaki.

Melansir Mayo Clinic, asam urat bisa muncul karena berbagai faktor antara lain:
 

1. Diet


Makan makanan yang kaya daging dan makanan laut dan minum minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa) meningkatkan kadar asam urat. Tak hanya itu, konsumsi alkohol, terutama bir, juga meningkatkan risiko asam urat.
 

2. Kegemukan


Jika kamu kelebihan berat badan, tubuhmu menghasilkan lebih banyak asam urat dan ginjal kamu lebih sulit menghilangkan asam urat tersebut.
 

3. Kondisi medis


Penyakit dan kondisi tertentu meningkatkan risiko asam urat. Kondisi ini termasuk tekanan darah tinggi yang tidak diobati dan kondisi kronis seperti diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit jantung dan ginjal.
 

4. Obat-obatan tertentu


Penggunaan diuretik thiazide yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi dan aspirin dosis rendah juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Begitu pula penggunaan obat anti penolakan yang diresepkan untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ.
 

5. Riwayat keluarga asam urat


Jika anggota keluargamu ada yang pernah menderita asam urat, kamu lebih mungkin mengalami penyakit tersebut.
 

6. Usia dan jenis kelamin


Asam urat lebih sering terjadi pada pria, Namun, setelah menopause, kadar asam urat perempuan mendekati pria.
 

7. Operasi atau trauma baru-baru ini


Mengalami operasi atau trauma baru-baru ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan asam urat.


Kapan harus ke dokter?

Jika kamu tiba-tiba merasakan nyeri hebat pada persendian, hubungi dokter. Asam urat yang tidak diobati dapat memperburuk nyeri dan kerusakan sendi.

Segera cari pertolongan medis jika kamu demam dan persendian terasa panas dan meradang, yang bisa menjadi tanda infeksi.
(FIR)