FITNESS & HEALTH

Ini yang Bisa Kamu Lakukan pada Keluarga Korban yang Sedang Alami Musibah

Raka Lestari
Kamis 14 Januari 2021 / 11:36
Jakarta: Pada Sabtu, 9 Januari 2021 lalu terjadi kecelakaan yang melibatkan pesawat Sriwijaya Air jurusan Jakarta – Pontianak. Kejadian ini tentunya menimbulkan duka, yang tidak hanya dirasakan oleh keluarga korban tetapi juga masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk memberikan support kepada para keluarga dari korban?

“Langkah-langkah dalam memberikan support, pertama adalah damping dan dan dengarkan dengan penuh kasih curhat mereka setiap saat sehingga mereka tidak merasa sendiri. Pada saat ini, keberadaan orang-orang yang mengasihi menjadi penguat mental keluarga korban,” ujar Psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi dari Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung pada Medcom.id. 

Kemudian, menurut Efnie yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari memberikan nasehat dulu karena saat ini mereka sedang di tahap “grief” sedih yang mendalam. 

“Jadi fungsi kognitif untuk menalar nasehat tidak akan optimal. Yang penting, kita menguatkan mereka dengan membantu mereka menyadari bahwa ini sebuah kenyataan karena sebagian dari mereka ada yang “denial” atau menolak kenyataan,” tutur Efnie.

“Hindari pernyataan yang bisa memperkeruh suasana, misalnya menyalahkan pihak maskapai atas kejadian ini. Ini akan semakin membuat kondisi mental mereka semakin drop. Bantu saja mereka menerima bahwa garis hidup/takdir/destiny adalah hak perogaratif dari sang pencipta (Tuhan), sehingga itu pasti terjadi sebagai sebuah ketetapan kehidupan,” jelas Efnie.

Dan yang terakhir, menurut Efnie adalah dengan bersikap sabar dalam menghadapi mereka karena setidaknya untuk membuat mereka sedikit lebih tenang butuh proses.

“Bahkan pada beberapa orang prosesnya cukup panjang, ada yang 12 minggu, ada yang enam bulan, bahkan ada yang bertahun-tahun,” tutup Efnie.
(TIN)