FITNESS & HEALTH

Mengenal KIPI Setelah Divaksinasi atau Imunisasi

Yatin Suleha
Selasa 23 Februari 2021 / 21:56
Jakarta: Saat ini masih terus berjalan program vaksinasi covid-19. Dan pastinya kamu pernah melihat orang yang mengalami berbagai gejala setelah melakukan vaksinasi. Selain tegang ada pula rasa cemas.

Selain merasakan pegal setelah disuntik ada pula beberapa kejadian lainnya, ini disebut dengan KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

Menurut Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A (K), M.TropPaed selaku Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), "KIPI adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi dan diduga berhubungan dengan imunisasi."

"Jadi, apa pun kejadian medik, kapan pun terjadinya setelah imunisasi kalau ada diduga kita sebut sebagai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi/KIPI," kata Profesor yang sering disapa Prof. Hinky ini dalam event daring penjelasan mengenai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Covid-19.  

Tapi ia menegaskan bahwa, "Tidak semua KIPI terkait dengan pemberian imunisasi. Yang terkait dengan imunisasi artinya terkait dengan kandungan dalam imunisasi."
 
Lebih lanjut ia mengatakan dalam hal vaksinasi covid-19, "Ada juga reaksi terkait kecemasan. Bukan gara-gara kandungan vaksinnya, namun karena proses imunisasinya ketegangan sehingga terjadi reaksi yang berlebihan." 
(TIN)