FITNESS & HEALTH

5 Cara Menurunkan Asam Urat secara Alami

Raka Lestari
Selasa 20 April 2021 / 08:19
Jakarta: Asam urat adalah sejenis artritis yang berkembang ketika kadar asam urat darah tinggi secara tidak normal. Asam urat membentuk kristal di persendian, seringkali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan parah dan nyeri.

Beberapa orang memerlukan obat untuk mengobati asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu. Dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah cara alami untuk menurunkan kadar asam urat:
 

1. Batasi makanan yang mengandung purin


Purin adalah senyawa yang terjadi secara alami di beberapa makanan. Saat tubuh memecah purin, maka menghasilkan asam urat. Proses metabolisme makanan kaya purin dapat menyebabkan asam urat dengan menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat.

Beberapa makanan yang tinggi purin sebenarnya menyehatkan, untuk cara terbaik adalah  mengurangi asupan purin daripada menghindarinya sama sekali. Makanan yang kaya akan purin di antaranya adalah trout, tuna, sarden, teri, remis, dan herring. Makanan tinggi lemak, seperti bacon, produk susu, dan daging merah. Serta jeroan, seperti hati.
 

2. Menjaga berat badan ideal


Obesitas meningkatkan risiko asam urat, terutama pada orang dengan usia yang lebih muda. Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko sindrom metabolik. Kelebihan berat badan juga memiliki hubungan dengan risiko yang lebih tinggi dari peningkatan kadar asam urat darah, serta meningkatkan risiko asam urat.
 

3. Hindari alkohol dan minuman manis


Konsumsi alkohol dan minuman manis yang berlebihan, seperti soda dan jus yang mengandung gula tambahan berkorelasi dengan peningkatan risiko asam urat. Alkohol dan minuman manis juga menambah kalori yang tidak perlu ke dalam makanan, berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah metabolisme.
 

4. Minum kopi


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan asam urat. Berdasarkan analasis data pada 2010 dari partisipan wanita dalam Nurses 'Health Study menemukan bahwa risiko asam urat menurun seiring dengan meningkatnya konsumsi kopi. Wanita yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari memiliki penurunan 22 persen risiko asam urat dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.
 

5. Mengonsumsi buah ceri


Penelitian awal menunjukkan bahwa ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit sebelumnya. Sebuah studi pada 2012 terhadap 633 orang dengan asam urat menemukan bahwa makan ceri selama 2 hari, menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen dibandingkan dengan tidak makan ceri.
(FIR)