FITNESS & HEALTH

Lakukan 4 Hal Ini Supaya Cepat Tidur

Raka Lestari
Minggu 22 November 2020 / 06:00
Jakarta: Tak bisa tidur memang menyebalkan. Entah karena kamu sedang banyak pikiran atau sedang stres berat. Dan banyak cara yang dianggap bisa membantumu untuk tidur lebih cepat, namun terkadang semua cara tersebut tidak sesuai atau tidak sukses. 
 
Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah empat beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu cepat tertidur: 
 

1. Minum air


Menurut Dr Kirti Salwe Carter dan Rob Carter III, penulis buku The Morning Mind, otak kamu memiliki massa yang lebih kecil di pagi hari karena distribusi cairan di seluruh tubuh dan periode yang lama tanpa hidrasi saat kamu tidur.
 
"Karena ini, penting untuk minum segelas air sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Otak yang lebih besar dan terhidrasi berarti peningkatan aliran darah, lebih banyak oksigen, dan ketersediaan nutrisi, memungkinkan peningkatan tingkat konsentrasi, peningkatan suasana hati, dan tidur yang lebih baik," ujar mereka.
 

2. Posisi tidur yang tepat


Posisi tidur merupakan sesuatu yang penting dan sangat berpengaruh. Hal itu dapat meningkatkan atau menghancurkan pola tidur Anda,
 
"Ketika tidur telentang, leher dan kepala kamu harus sejajar dengan tubuh kamu. Jika bantal kamu terlalu besar, itu akan mendorong kepala kamu ke depan, menekuk tulang belakang secara tidak wajar dan menyebabkan ketidakseimbangan fisik," saran Dr Carter.
 

3. Membaca dengan cahaya redup


Redupkan lampu di kamar tidur kamu dan matikan seluruh perangkat elektronik jika kamu ingin memastikan kamu mendapatkan tidur malam yang berkualitas.
 
"Produksi hormon melatonin sangat penting untuk mengatur pola tidur, dan perlu kegelapan untuk memproduksinya. Jadi pada jam-jam sebelum tidur, sangat bermanfaat untuk membatasi paparan cahaya buatan," ujar Dr Carter. 
 

4. Membersihkan kamar tidur


Survei dilakukan oleh Ketchum Global Research and Analytics pada 2017.  Mereka menanyakan lebih dari 1000 orang dewasa AS berusia 18 tahun ke atas tentang kebiasaan membersihkan rumah.

Sebanyak 37 persen mengatakan bahwa mereka merasa akhirnya dapat bersantai ketika semua ruangan di rumah mereka, termasuk kamar sudah dalam keadaan bersih. Jadi, jangan lupa untuk mencobanya ya!
(TIN)