FITNESS & HEALTH

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Tidak Menambahkan Irisan Lemon pada Air Putih

Raka Lestari
Selasa 05 Januari 2021 / 08:00
Jakarta: Minum air putih merupakan kebutuhan dasar tubuh yang harus dipenuhi setiap harinya. Dengan minum air putih yang cukup, dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Akan tetapi, saat ini banyak orang yang sering sekali meambahkan irisan lemon ke dalam segelas air putih yang mereka minum.

“Akan tetapi, sebenarnya meambahkan irisan lemon ke dalam air minum bisa berpotensi menimbulkan bahaya,” ujar ahli nuttrisi Toby Amidor, MS, RD, CDN, FAND. Ia menjelaskan bahwa menambahkan irisan lemon ke dalam air minum bisa menimbulkan terjadinya kontaminasi makanan.

Ia menjelaskan, “Menambahkan irisan lemon ke dalam air putih, soda, atau cocktail mungkin terlihat menjadi ide yang lebih baik untuk pilihan yang rendah kalori. Namun sebenarnya, itu bisa menyebabkan mikroorganisme patogen masuk ke dalam minuman,” kata Amidor.

“Hal ini sangat mungkin terjadi jika lemon segar yang akan dipotong-potong tersebut ditangani dengan tangan yang tidak dicuci bersih, atau diiris pada talenan atau pisau yang terkontaminasi. Ini bisa menyebabkan kemungkinan terjadinya kontaminasi silang,” tambah Amidor.

Selain itu, ketika membeli minuman di restoran juga terkadang irisan lemon bisa dijadikan sebagai pelengkap minuman. Akan tetapi, menurut Amidor sebenarnya lebih berbahaya minum air dengan jeruk nipis saat makan di luar daripada di rumah. “Terutama jika kita sedang berada pada jam sibuk di restoran.”

Akan lebih berbahaya jika irisan lemon tersebut disediakan untuk konsumen mengambilnya sendiri. Biasanya irisan lemon tersebut disediakan pada bagian bar restoran. 

“Hal ini bisa menyebabkan risiko kontaminasi menjadi lebih tinggi karena konsumen bisa langsung menmgambilnya dengan tangan mereka yang kotor,” kata Amidor.

“Saya tidak menyarankan untuk mengambil irisan lemon yang sudah disediakan di restoran ketika kamu sedang berada di luar rumah. Saya lebih memilih untuk menggunakan irisan lemon segar dan menambahkannya ke dalam teh atau air ketika saya berada di rumah. Ketika di rumah, saya bisa memastikan bahwa tangan saya sudah bersih dan menggunakan talenan yang sudah dibersihkan,” tutupnya.
(TIN)