FITNESS & HEALTH

Pentingnya Menerapkan 4 Sehat 5 Sempurna hingga Usia Senja

A. Firdaus
Kamis 30 Juni 2022 / 15:23
Jakarta: Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, jumlah lansia di Indonesia kini telah mencapai 29,3 juta jiwa atau 10,82% dari total penduduk Indonesia. Pada 2030, Indonesia bahkan diperkirakan akan mengalami lonjakan ageing population yang dapat berdampak pada kenaikan angka malnutrisi serta menurunkan kualitas hidup lansia (silver tsunami effect).

Prof. Dr. dr. Siti Setiati, Sp.PD-KGer, M. Epid, FINASIM selaku Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PB Pergemi) mengatakan sehat adalah keseimbangan kondisi mental, fisik, dan sosial yang saling melengkapi. Di Indonesia sebanyak 34,71% lansia tinggal bersama keluarga tiga generasi, nilai ini menurun sebesar 6% dari tahun sebelumnya.

"Padahal berinteraksi dengan keluarga merupakan salah satu kunci penting dalam meningkatkan kualitas hidup lansia, karena mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk merasakan keterlibatan sosial yang dapat menghadirkan perasaan bahagia," ujar Prof. Siti.

"Kondisi ini dapat menurunkan risiko lansia untuk merasa kesepian atau diabaikan," sambungnya.

Donna Harun, seorang aktris senior Tanah Air, mengatakan di usianya saat ini, ia merasa bersyukur karena keluarga dan orang-orang terdekat selalu menyemangatinya untuk menghidupkan kembali mimpi-mimpi yang sebelumnya sempat tertunda. Salah satunya bergabung dengan wadah sosial yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat luas.

"Menjalani minat dan hobi juga membuat saya merasa bahagia karena dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitar saya. Agar tubuh tetap sehat, selain istirahat yang cukup saya juga selalu meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin bersama anak dan cucu," ucap Donna Harun.

"Saya juga senantiasa memenuhi kebutuhan gizi salah satunya protein harian dengan mengonsumsi susu. Selain memiliki kandungan gizi yang saya butuhkan, susu juga memiliki rasa vanilla, yang merupakan kesukaan saya," pungkasnya.
(FIR)