FITNESS & HEALTH

Perempuan Wajib Tahu! 3 Penyebab Kamu Selalu Kedinginan

Yuni Yuli Yanti
Senin 06 September 2021 / 09:00
Jakarta: Teman Gaya, pernahkah kamu merasa kedinginan padahal AC dan kipas angin tidak menyala? Gigi bergetar hingga kulitmu merinding? Tangan dan kaki juga dingin sepanjang waktu? 

Entah mengapa, banyak wanita mengalami hal itu dan rentan merasa kedinginan. Beberapa gejala yang tadi disebutkan bisa menjadi masalah kesehatan serius yang bisa berakibat fatal. Mengutip dari New Woman India, ada tiga alasan yang menyebabkan kamu sering kedinginan, di antaranya: 
 

Anemia

Terjadi ketika tubuhmu tidak dapat membuat sel darah merah yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Gejala anemia lainnya adalah kelelahan terus-menerus, kulit pucat karena kekurangan darah, detak jantung tidak teratur, ketidakseimbangan hormon, masalah menstruasi, sakit kepala, sesak napas, dan lain sebagainya. 

Pada kondisi anemia, tubuhmu juga tidak menerima tingkat zat besi yang dibutuhkan untuk memompa darah ke dalam tubuh. Ini membuat aliran darah menjadi lebih lambat dari biasanya karena kamu kekurangan darah sejak awal. Karena darah tidak segera mencapai semua bagian tubuh, terutama tangan, kaki, wajah, sehingga kamu selalu kedinginan di bagian tersebut.

Untuk mengatasi anemia, sebaiknya kamu menambahkan sayuran berdaun hijau, protein seperti daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian ke dalam diet untuk meningkatkan kadar darah. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi untuk mendapatkan kadar zat besi yang dibutuhkan dalam tubuh.


(Sebaiknya kamu menambahkan sayuran berdaun hijau, protein seperti daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian ke dalam diet untuk meningkatkan kadar darah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Anoreksia

Ini adalah gangguan makan parah yang sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, anoreksia dapat membuat seseorang kelaparan, namun ingin berdiet keras sehingga menghindari makanan agar menjadi kurus. Karena kamu tidak cukup makan, tubuh terus-menerus berusaha untuk menyimpan energi. Sehingga menyebabkan kamu merasa kedinginan sepanjang waktu karena kekurangan darah (karena hampir tidak ada makanan di dalam tubuh). 

Berat badan yang kurang dari yang dibutuhkan, kelelahan, depresi, dan hilangnya siklus menstruasi adalah gejala-gejala anoreksia dan gangguan makanan lainnya.

Meskipun anoreksia memiliki hasil fisik, tapi ini lebih cenderung ke masalah kesehatan mental. Dibutuhkan terapi, kemauan keras, dan banyak dukungan serta cinta untuk kembali ke dunia nyata begitu kamu menjadi korban gangguan makan apa pun. Ingatlah bahwa kamu dan kesehatanmu sangat penting bagi keluarga, teman, dan orang yang kamu cintai. 


(Berat badan yang kurang dari yang dibutuhkan, kelelahan, depresi, dan hilangnya siklus menstruasi adalah gejala-gejala anoreksia dan gangguan makanan lainnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Hipotiroidisme

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di dasar tenggorokan. Ini adalah kunci dalam mengatur metabolisme dan mengawasi reaksi kimia tubuh. Jika kelenjar ini gagal membuat jumlah hormon tiroid yang dibutuhkan, dan tubuh kamu tidak menyerap atau memprosesnya secara efektif, maka kamu akan mengalami hipotiroidisme.

Selain selalu merasa kedinginan, kamu juga akan mengalami penipisan rambut, kulit kering, kelelahan terus-menerus, periode menstruasi yang tidak teratur atau berat, penambahan berat badan dan retensi air.

Masalah tiroid memengaruhi setiap 1 dari 3 wanita di beberapa titik dalam hidup mereka karena faktor lain. Lakukan pemeriksaan rutin dan tetap terhidrasi dengan diet seimbang untuk menjaga kelenjar tiroid kamu berfungsi dengan lancar.


(Hipotiroid akan membuatmu mengalami penipisan rambut, kulit kering, kelelahan terus-menerus, periode menstruasi yang tidak teratur atau berat, penambahan berat badan dan retensi air. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)


Jika kamu mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter ya!


Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
(yyy)