FITNESS & HEALTH

3 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Setelah Berhasil Menurunkannya

Raka Lestari
Jumat 08 Oktober 2021 / 13:00
Jakarta: Berhasil menurunkan berat badan bukan berarti kamu telah mendapatkan berat badan ideal. Kamu masih memiliki satu tugas penting yang tidak boleh diabaikan yaitu mempertahankan berat badan tersebut. Pasalnya, hal ini mungkin bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang. 

"Kebanyakan orang akan gagal dalam program diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan. Banyak hal yang bisa menjadi alasan dan nafsu makan adalah yang paling bisa menyebabkan kegagalan. Menahan nafsu makan tentunya sangatlah sulit, apalagi jika kamu melakukannya sendiri," kata spesialis obesitas Spencer Nadolsky, D.O. 

Berikut ini adalah tips dari Dr Nadolsky untuk menahan nafsu makan: 
 

1. Optimalkan makanan yang dikonsumsi

Protein dan serat adalah pilihan terbaik. Keduanya dapat memperlambat pencernaan, sehingga membantu agar tubuh merasa kenyang lebih lama. "Tingkatkan asupan karbohidrat yang kaya akan serat dan rendah kalori. Makanan seperti melon, buah beri, dan kacang polong dapat membant," saran Dr Nadolsky. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Minum banyak air putih 

Perut manusia bisa menampung banyak makanan, jadi bila sebagian besarnya terisi air, maka akan lebih sedikit ruang untuk makanan tambahan dan bisa membuat kenyang lebih cepat.

Menurut jurnal Obesity seseorang yang mengalami obesitas dan meminum sekitar 17 ons air putih 30 menit sebelum makan selama 12 minggu, ia kehilangan 3 pound lebih banyak dari mereka yang tidak melakukannya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Berkonsulasi dengan dokter

"Jika hal-hal diatas tidak bekerja dan kelaparan tak tertahankan serta berat badan naik kembali, kami menggunakan obat penekan nafsu makan untuk membantu," kata Dr Nadolsky.  Obat penekan nafsu makan ini menargetkan reseptor di otak terkait dengan nafsu makan. 

Ingat, obat ini hanya diresepkan untuk orang-orang yang benar-benar perlu menurunkan berat badan karena kesehatan mereka berisiko atau karena kemungkinan efek samping, seperti kepenatan, pusing, dan konstipasi.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)