FITNESS & HEALTH

6 Alat Coping Mechanism, Bantu Atasi Tantangan Hidup

Mia Vale
Selasa 19 Oktober 2021 / 19:09
Jakarta: Banyak orang ingin menjalani gaya hidup yang bahagia dan sehat. Namun kenyataannya, tidak ada jaminan kalau kita tidak akan mengalami stres, kehilangan, atau kesulitan sepanjang perjalanan hidup. Dan memelajari cara mengatasi masalah yang datang, adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental.

Yang harus kita ingat, sebagian besar masalah hanya bersifat sementara. Sehingga saat kita menanganinya secara langsung, akan ada cara untuk mengatasinya. Namun, untuk kendala yang tidak bisa terselesaikan, kita bisa belajar untuk menerimanya, berdamai,dan beradaptasi sehingga kita bisa mengatasinya. 

Untuk itu, berdasar nukil dari BetterHelp, demi meminimalisir dampak stres, perlu adanya coping mechanism. Yakni serangkaian tindakan yang dilakukan untuk menanggulangi tekanan psikologis yang timbul dari stres. 

Secara tidak sadar mungkin kita sudah melakukan coping mechanism dalam kehidupan sehari-hari. Misal, nonton video lucu atau sekadar mendengarkan musik kesayangan untuk melepas stres yang ada. 

Nah, berikut enam mekanisme koping yang kuat, yang bisa kamu gunakan saat mengalami kepenatan.
 

1. Ketahui pemicu stres dan kapan menghilangkannya


Memelajari cara mengatasi masalah dimulai dengan tahu dan mengenali ketika masalah itu muncul, serta reaks kita. Misal, dari gejala fisik yang timbul seperti sulit tidur, mudah marah, atau sedih. Luangkan waktu untuk menemukan apa yang dirasakan dan apa yang membuat perasaan itu muncul. 
 

2. Rencana tindakan saat timbul masalah


Pada dasarnya, memilih untuk stres dan menghindari hambatan hanya akan menambah lebih banyak masalah. Solusinya, tanyakan kepada diri sendiri, apa yang bisa kita lakukan sekarang? 

Lalu, cari waktu untuk membuat rencana, tindakan apa yang bisa membantu memecahkan masalah yang ada. Cara ini lebih baik daripada kekhawatiran memikirkan masalah tersebut. 
 

3. Jaga kesehatan fisik


Saat kita sehat, sudah tentu akan lebih siap menghadapi stres. Namun, tidak semua orang bisa menjaga kesehatan, baik fisik ataupun mental agar seimbang. Maka dari itu, kebiasaanmu dengan hal yang lebih baik. 

Misal, istirahat cukup, konsumsi makanan sehat, banyak minum air putih, dan olahraga teratur - walau hanya berjalan selama 20-30 menit sehari. Jadikan kegiatan ini sebagai prioritas. Sehingga, misal stres menyerang, kamu akan lebih sial untuk mengatasinya.


Alat Coping Mechanism
(Setiap kali menemukan sesuatu yang membuat stres, cobalah sebentar melakukan kegiatan yang membuat kamu rileks. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

4. Bersantai untuk bebas dari kekhawatiran


Untuk bisa bersantai bagi sebagian orang mungkin terasa sulit. Apalagi bila mereka sedang memiliki pikiran-pikiran yang berkecamuk. Namun, bagi sebagian lagi, momen relaksasi ini justru menjadi bagian paling menyenangkan, walau sehari. 

Setiap kali menemukan sesuatu yang membuat stres, cobalah melakukan kegiatan yang membuat kamu rileks. Seperti, yoga, berendam air panas, memancing, atau hanya membaca buku sambil duduk santai di sofa sambil menyeruput kopi. Jadi apa pun yang bisa memberi kebahagiaan dan kedamaian saat sedang stres, lakukan! 
 

5. Mencari dukungan dari orang terdekat 


Teman dan keluarga bisa menjadi alat terpenting dalam membantu kita mengatasi situasi sulit. Selain memberi dukungan moral dan menjadi tempat bercerita saat kita membutuhka mereka juga bisa menjadi sumber nasihat. Jadi, pastikan untuk terus terhubung dengan mereka. 
 

6. Hindari zat penambah stres


Dua contoh utama dari apa yang tampak seperti strategi koping yang tidak sehat adalah menggunakan obat-obatan dan minum alkohol. Mungkin kedua zat ini bisa membantu orang-orang tertentu untuk rileks dan melupakan sejenak masalah yang ada. 

Tapi, banyak pula yang justru ketergantungan dengan obat-obatan atau alkohol. Jadi, pastikan untuk menghindari zat apa pun yang dapat menambah stres. Dan segera cari bantuan bila kamu akhirnya ketergantungan pada zat tertentu. 

Satu yang pasti, tantangan dalam hidup tidak selalu bisa kita atasi sendiri. Jika mereka memiliki dampak besar dan kita belum belajar bagaimana mengatasinya, mungkin kita membutuhkan bantuan. Dan salah satu mekanisme koping hebat yang selalu siap membantu adalah terapi. 
(TIN)