FITNESS & HEALTH

Cara Berhubungan Sehat dengan Orang Borderline Personality Disorder

Kumara Anggita
Kamis 05 November 2020 / 16:00
Jakarta: Orang dengan Borderline Personality Disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang adalah orang yang tidak mudah untuk memilki hubungan dengan orang lain. Ini karena suasana hati mereka mudah berubah-ubah, suka muncul ledakan amarah, mereka takut sekali ditinggalkan, impulsif dan masih banyak lagi.

Tentunya ini tak mudah untuk orang-orang di sekitarnya. Bila kamu adalah orang yang hidup dengan keluarga, pasangan, teman BPD, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kamu tak ikutan tenggelam dalam emosi yang negatif.
 

Prioritaskan diri


Dikutip dari Help Guide, ketika seorang anggota keluarga atau pasangan memiliki gangguan kepribadian ambang, sangat mudah untuk terjebak dalam upaya heroik untuk menyenangkan dan menenangkannya. Kamu mungkin mendapati diri telah mencurahkan sebagian besar energi la,i ke orang dengan BPD dengan mengorbankan kebutuhan emosional kamu sendiri.

Perlu diingat bahwa ini bukanlah hal yang tepat karena sesungguhnya kamu sedang memupuk 
kebencian, depresi, kelelahan, dan bahkan penyakit fisik. Kamu tidak dapat membantu orang lain atau menikmati hubungan yang berkelanjutan dan memuaskan saat kamu lelah dan terbebani oleh stres. 
 

Hindari diri dari isolasi


Prioritaskan untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman yang membuat kamu merasa baik. Kamu membutuhkan dukungan dari orang-orang yang akan mendengarkan kamu, membuat kamu merasa diperhatikan, dan menawarkan pemeriksaan realitas saat diperlukan.


Izinkan diri kamu untuk hidup di luar hubungan kamu dengan orang BPD.


Tidaklah egois mencari waktu untuk diri sendiri untuk bersantai dan bersenang-senang. Faktanya, ketika kamu kembali, kamu berdua akan mendapat manfaat dari perspektif  yang lebih baik.
 

Bergabunglah dengan kelompok dukungan untuk anggota keluarga BPD 


Bertemu dengan orang lain yang memahami apa yang kamu alami bisa sangat bermanfaat. Jika kamu tidak dapat menemukan kelompok dukungan tatap muka di daerah kamu, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk bergabung dengan komunitas BPD online.
 

Jangan abaikan kesehatan fisik 


Makan dengan sehat, berolahraga, dan mendapatkan tidur yang berkualitas dapat dengan mudah hilang ketika kamu terjebak dalam drama hubungan. Cobalah untuk menghindari jebakan ini. Saat kamu sehat dan cukup istirahat, kamu akan lebih mampu menangani stres dan mengendalikan emosi serta perilaku kamu sendiri.
 

Belajar mengelola stres


Menjadi cemas atau kesal dalam menanggapi perilaku bermasalah hanya akan meningkatkan kemarahan atau kegelisahan orang yang kamu cintai. Dengan berlatih menggunakan masukan sensorik, kamu dapat belajar menghilangkan stres yang sedang terjadi dan tetap tenang dan rileks saat tekanan meningkat.
(YDH)