FITNESS & HEALTH

6 Jenis Nyeri Kaki yang Mungkin Terjadi Padamu

Kumara Anggita
Selasa 13 April 2021 / 08:17
Jakarta: Nyeri kaki tentunya tidak akan membuat nyaman dalam bentuk apapun. Tetapi jenis nyeri kaki yang kamu alami, atau di mana rasa sakit itu muncul, dapat memberi tahu kamu kemungkinan penyebabnya.

Mengutip dari Healthline ada 6 jenis nyeri kaki yang mungkin terjadi padamu. Berikut penjelasannya:
 

1. Nyeri di bagian tumit


Beberapa nyeri kaki terjadi di bagian bawah tumitmu. Mungkin ini membuat berdiri atau berjalan kaki jadi lebih menyakitkan. Kamu mungkin juga mengalami rasa sakit yang menyengat dan menusuk saat bangun dari tempat tidur

Nyeri di tumit mungkin disebabkan oleh penyangga sepatu yang buruk atau otot kaki yang terlalu banyak bekerja. Dalam kasus ini, kaki mungkin berdenyut dan nyeri. Dalam kasus saraf terjepit, nyeri tumit mungkin tajam dan menyengat, serta bisa datang dan pergi.
 

2. Nyeri jempol kaki


Tulang dan sendi jempol kaki mengalami pukulan setiap hari akibat berjalan, berdiri, berlari, dan aktivitas lain yang membebani kakimu. Hal ini dapat menyebabkan peradangan yang menyakitkan dan pembengkakan di dalam dan sekitar jari kaki.
 

3. Nyeri bunion


Bunion adalah benjolan tulang yang ada di sendi jempol kakimu. Kondisi ini sering terlihat di sisi kakimu. Pertumbuhan bunion bisa membuat tidak nyaman saat kamu berjalan atau memakai sepatu. Pada malam hari, mereka bisa menyebabkan nyeri dan berdenyut-denyut.
 

4. Nyeri di jari kaki lainnya


Jari-jari kaki tengah rentan terbakar dan kesemutan, karena saraf yang mengarah ke sana dipengaruhi oleh stres dan tekanan. Terkadang, jari-jari kaki mungkin juga terasa mati rasa jika saraf terjepit.
 

5. Nyeri saat berbaring


Kram kaki adalah kram otot yang terjadi saat kamu tidur atau berbaring. Kamu mungkin merasakannya di betis dan pahamu. Rasa sakit juga bisa menjalar dari kaki ke pergelangan kaki dan tungkai bawah.
 

6. Neuropati perifer


Neuropati perifer menyebabkan kesemutan dan rasa terbakar yang diakibatkan oleh kerusakan saraf di ekstremitas, seperti di kaki kamu. Orang dengan kerusakan saraf ini mungkin juga mengalami rasa sakit menusuk. Mati rasa juga merupakan gejala umum yang sering dilaporkan.
(FIR)